KPU Mendadak ke Jakarta

RadarGorontalo.com – Rupanya Komisi Pemilihan Umum (KPU) tak mau salah langkah dalam mengambil putusan. Sesuai tahapan, hari ini 24 Oktober, KPU akan umumkan pasangan calon peserta pemilukada serentak, baik level gubernur maupun bupati. Namun, entah kenapa, dari lima anggotanya, empat orang bertolak ke Jakarta untuk konsultasi. Itu dilakukan, KPU provinsi dan KPU Kabupaten Boalemo.

Muncul spekulasi, baik provinsi maupun Kabupaten Boalemo, pleno penetapannya akan mengalami penundaan. Namun entah untuk alasan apa. Konon kabar beredar, ada calon yang digugurkan, tapi belum ada konfirmasi pastinya. Tapi kabar lainnya mengatakan, pleno tetap sesuai jadwal, karena setelah selesai konsultasi ke KPU RI, seluruh komisioner akan buru-buru balik, dan plenonya di gelar di daerah atau langsung di Jakarta.

“Kami masih menunggu hasil konsultasi di KPU RI, yang pastinya sampai dengan saat ini penetapan calon masih sesuai dengan jadwal yang ada dalam tahapan. Apakah penetapan calon ditunda atau tidak, semua itu tergantung hasil konsutasi kita,” ujar Anggota KPU Provinsi Gorontalo Selvi Katili,minggu (23/10) malam.

Disisi lain, Komisioner lainnya Verianto Madjowa yang tidak ikut ke Jakarta, juga hanya memberi penjelasan singkat. “Seperti apa hasil konsultasi terkait dengan penetapan pasangan calon, masih sementara ditunggu,” ketusnya.

Soal calon tidak lolos, dari empat pasangan calon yang mendaftar, konon yang sudah pasti tak lolos, adalah pasangan calon perseorangan. Karena tak memenuhi syarat dukungan.

BOALEMO JUGA BAKAL MOLOR

Sementara itu, penundaan pleno juga bakal dialami KPU Boalemo. Lagi-lagi, isu adanya pasangan calon yang tak lolos berhembus. Ketua KPU Boalemo Amir Koem yang dihubungi semalam, irit bicara. “Maaf, saya masih ada pertemuan. Nanti hubungi lagi,” kata Amir sembari menutup telepon selulernya.

Sedangkan komisioner lainnya yang juga sempat dihubungi yakni Herman Bater membenarkan kabar tersebut. Menurutnya, keberangkatan 4 komisioner KPU Kabupaten Boalemo ke Jakarta dalam rangka mengkonsultasikan beberapa hal penting, yang ada kaitan erat dengan proses tahapan penyelenggaraan pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Boalemo 2017. “Ya kami masih ada di KPU RI, sekarang ini. Kami baru saja tiba di Jakarta tadi,” ungkap Herman yang dihubungi, Minggu malam sekira pukul 23.10 WITA. Hanya saja, Herman tidak dapat menjelaskan secara detail apa saja yang dikonsultasikan kepada KPU RI. (rg-60/rg-59)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.