®Reporter : Sahril Rasid

RGOL.ID (KABGOR) – – Sorotan tentang pengelolaan keuangan daerah yang disebut mengalami ‘Kebangkrutan’ seperti yang dilansir Aleg DPRD Iskandar Mangopa ternyata tidak demikian.
Secara umum, Kepala Bappeda Kabupaten Gorontalo Cokro Katili mengatakan, agak keliru jika penilaianannya begitu.
Sebab dari sisi pelayanan publik, sesuai rilis ombudsman, kita sudah berada di zona hijau, sudah keluar dari zona kuning,” Dan ini sudah baguslah”. Ujar Cokro.
Kemudian dari sisi WTP juga ujar Cokro, kita mendapatkan prestasi yang cukup membanggakan dengan meraih WTP. Dari sisi penilaian Kemendagri, untuk indeks pengelolaan keuangan daerah (IPKD) juga sudah bagus,
” Dan ini sudah di SK kan oleh Gubernur, Desember lalu masuk kategori A, dan itu meeupakan nilai tertinggi di Provinsi Gorontalo diraih Kabupaten Gorontalo.” Pungkas Cokro.
Dilain sisi tambah Cokro, Setiap akhir tahun pemerintah melalukan evaluasi terhadap kinerja pemerintahan, pembangunan dan pelayanan publik.
” Untuk tahun 2023 ini tentunya outlook kinerja instansi pemerintah  Kabupaten Gorontalo. Alhamdulillah, beberapa indikator capaian sudah memenuhi target RPJMD,” paparnya.
Kata Cokro, dimana yang sangat signifikan adalah indeks pembangunan manusia, terkait dengan pendidikan, kesehatan, dan pendapatan perkapita masyarakat yang mencapai kategori tinggi di atas 70.
” Jadi kita sudah berada dizona tinggi untuk indeks pembangunan manusia dan itu sudah sesuai dengan target RJPMD yang seharusnya tahun 2026,” pungkas Cokro.
Alhamdulillah juga tambah Cokro, sesuai rilis BPS 2023 sudah tercapai.
Untuk kemiskinan terjadi penurunan dihitung dari tahun 2016 21,8% namun saat ini tinggal 17,4% atau berkurang 5% dalam masa pemerintahan bapak Nelson Pomalingo.  ” Jika dihitung jiwa, kurang lebih 20ribuan jiwa penduduk kabupaten Gorontalo berdasarkan data BPS.” Tutupnya. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.