Penghujung KKD Ke – XX Mahasiswa UMGO Klaster Bonebol Gelar Khitanan Massal

RGOL.ID – Mengabdi tanpa batas, kata ini layak disematkan untuk mahasiswa-mahasiswi peserta Kuliah Kerja Dakwah (KKD) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) yang tersebar dibeberapa desa baik di Provinsi Gorontalo dan Sulawesi Selatan.

Bagaimana tidak, disetiap klaster selalu berupaya untuk melaksanakan program-program yang inovatif dan bermanfaat bagi masyarakat, bahkan hingga dipenghujung pelaksanaan KKD mahasiswa KKD angkatan XX klaster Bone Bolango yang terdiri dari klaster Huntu Utara, Huntu Barat, dan Huntu Selatan
masih menggelar Khitanan Massal dan Donor Darah.

Mahasiswa KKD pada kesempatan kali ini bekerjasama dengan Karang Taruna Huntu CS, Karang Taruna Kecamatan Bulango Selatan, Pemda Kabupaten Bone Bolango, Pemerintah Kecamatan Bulango Selatan. Dan mengangkat Tema “Menjalin Ukhuwah Islamiyyah Dengan Menebar Kepedulian Untuk Mewujudkan Masyarakat Yang ehat”, yang bertempat di Kantor Desa Huntu Barat, Bone Bolango, pada Ahad (21/8/2022).

Jumlah peserta khitanan masal itu mencapai 85 anak. Mereka berasal dari berbagai Desa di Kecamatan Bulango Selatan. Kegiatan tersebut juga turut dihadiri oleh Bupati Bone Bolango, Asisten III Bonebol, Wakil Rektor I UMGO, Wakil Rektor II UMGO, Wakil Rektor III UMGO, Camat Bulango Selatan, Kepala Desa Se Kecamatan Bulango Selatan, Karang Taruna Kecamatan Bulango Selatan, peserta KKD dan peserta khitanan masal didampingi orang tua.

“Alhamdulillah, saya sangat mengapresiasi program ini. Sangat bisa dirasakan oleh masyarakat setempat. Terutama yang punya anak-anak yang ingin disunat dan apresiasi juga kepada karang taruna yang telah membantu adik-adik mahasiswa. Dan ini merupakan suatu kerjasama yang baik,”ungkap, Wakil Rektor I Prof Moon Hidayati Otoluwa, saat memberikan sambutannya.

Prof Moon juga berharap apa yang dilakukan mahasiswa ini bisa diterima dengan baik dimasyarakat dan peserta sunatan masal, sehingga kedepan kegiatan seperti ini bisa terus berlanjut dan UMGO masih diberikan kesempatan melaksanakan KKD ditempat tersebut.

Kemudian, Bupati Bone Bolango Dr. Hamin Pou, saat diwawancarai Humas UMGO mengatakan kegiatan yang dilaksanakan mahasiswa UMGO bersama Karang Taruna Bulango Selatan sangat bagus dan tentu positif.

“Karena membantu masyarakat, khususnya masyarakat yang lemah dan kurang mampu. Sebagaimana yang kita ketahui di Gorontalo itu mempunyai stigma tersendiri kalau mengadakan sunat bahwa acaranya harus besar dimana hal ini tentu memakan biaya yang besar juga. Tetapi melalui kegiatan KKD mahasiswa UMGO bekerjasama dengan karang taruna Bulango Selatan masyarakat dapat teringankan,”cetusnya.

Bupati Hamim juga dalam kesempatan itu berharap kegiatan-kegiatan seperti ini bisa menjadi salah satu kegiatan paten yang dilaksanakan oleh mahasiswa KKD.

Dan saat ditanyakan terkait inovasi yang dilahirkan mahasiswa KKD yang menggaet masyarakat setempat, Bupati Hamim begitu terkesan sekaligus bangga karena hal ini menurutnya dapat meningkatkan perekonomian yang ada disetiap desa.

“Saya sudah lihat hasil dari anak-anak mahasiswa salah satunya batako yang berasal dari sekam padi yang selama ini terbuang percuma, sekarang melalui inovasi mahasiswa bisa dimanfaatkan masyarakat dan mengajarkan kepada masyarakat bahwa sampah itu bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomisnya. Oleh karena itu saya sangat mendukung inovasi-inovasi yang diciptakan oleh mahasiswa UMGO,”ucapnya.

Terakhir, Hamim menegaskan untuk Program Beasiswa Bonebol Cerdas khusus mahasiswa Bonebol yang mengenyam pendidikan di UMGO tetap akan berlangsung dan sudah disediakan anggarannya.(Hms)


Jangan Lewatkan

Komentar