oleh

Pengurus APEKSI Berharap Penjabat Daerah Dukung Program Tetap RPJMD

JAKARTA RGOL.ID – Pengurus Asosiasi Pemerintah Kota Se Indonesia (APEKSI) berharap penjabat yang ditempatkan didaerah mendukung sekaligus mensukseskan terhadap program yang ditetapkan dalam RPJMD dimasing-masing kepemimpinan sebelumnya.

Hal seperti yang menjadi topik pembahasan Walikota Gorontalo Marten A. Taha, yang juga selaku Wakil Ketua Umum Bidang Pemerintahan dan Otonomi Daerah DPP APEKSI, dalam rapat pengurus Apeksi, di Jakarta (19/4/2022) siang tadi.

“Terkait masa transisi pergantian pimpinan daerah jelang Pilkada 2024, saya berharap, Kepala daerah yang akan memasuki masa jabatan baik di tahun 2022, 2023 maupun tahun 2024, agar penjabat yang ditempatkan didaerah tersebut mendukung sekaligus mensukseskan program yang ditetapkan dalam RPJMD, dari kepemimpinan Walikota dan Wakil Walikota pada sebelumnya, “ujar Marten dalam forum tersebut.

Kemudian, terkait dengan penguatan terhadap aturan-aturan turunan dari Undang-Undang nomor 1 tahun 2022 tentang hubungan keuangan antara Pemerintah Pusat dan daerah.

Marten mengungkapkan, dengan turunan Undang-Undang tersebut menekankan penguatan regulasi terhadap pengalokasian dana kelurahan. Menurutnya, ini akan diperjuangkan ke kementerian keuangan, agar didalam aturan turunan itu dikeluarkan satu aturan yang menegaskan, dana kelurahan itu, ada di dalam bagian dana transfer kedaerah.

“Nantinya kami Pengurus Apeksi juga akan bicara dengan kementerian keuangan dan lanjut menghadap ke Presiden, “jelas Marten.(lev)


Komentar