oleh

Perempuan Perempuan di Panggung Politik

-Headline, Perempuan-410 Pengunjung

GORONTALO (RGOL.ID) – Sepertinya pada Pilkada Serentak nanti akan bertabur bintang dari kaum gender. Sebut saja Fory Naway di Kabgor, di Pohuwato ada Suharsi Igirisa, kemudian di Boalemo ada ibu Rensi Makuta, di Kota ada Lola Junus, ada Dewi Sartika Hemeto, di Bonebol ada Loly Junus, ada Merlan Uloli dan di Pilgub ada Idah Syahidah.

Wanita-wanita di panggung politik ini akan bersinar terang pada 2024 mendatang. Rata-rata diantara mereka ini sudah punya pengalaman bertarung.

Lola pernah jadi Wakil Ketua Deprov, Dewi DPD RI 2 periode, Loly Aleg Deprov 2 periode, Merlan Wabup, Suharsi Mantan Aleg Deprov dan sekarang Wabup, Idah Syahidah Aleg DPR RI, sementara Fory Naway meski belum terlibat langsung dalam arena politik

Namun sebagai istri Bupati 2 dua periode dan juga sebagai seorang pendidik yang menyandang predikat Guru Besar, menjadi modal besar baginya untuk menjadi bintang pada Pilkada serentak nanti. Selanjutnya ada dokter Ningsih Tuna, dia pernah maju di Pilbup pada periode lalu.

Harus diakui, munculnya Merlan dan Suharsi di Pilkada mampu memicu keberanian kaum gender untuk ikut bertarung.

Malah pada Pilkada nanti para kaum ibu ini ada yang maju sebagai Calon Kepala Daerah. Kita lihat saja apakah mereka mampu mengukir sejarah sebagai Kepala Daerah Perempuan pertama.

Jika kaum ibu ini mampu memanfaatkan dengan baik suara kaum perempuan, maka sudah pasti mereka tak terkalahkan. (awal-46)


Komentar