oleh

Perjuangkan SIPI Nelayan, Rusli Temui Menteri KKP

GORONTALO (RGOL.ID) – Gubernur Gorontalo Rusli Habibie menemui Menteri Kelautan dan Perikanan, Sakti Wahyo Trenggono di kantornya, Jakarta, Senin (11/4).

Pertemuan itu sebagai tindak lanjut aspirasi nelayan Gorontalo yang disampaikan pada rapat beberapa hari lalu. Gubernur Rusli diminta untuk memperjuangkan pengurusan Surat Izin Penangkapan Ikan (SIPI) di Kementrian KKP.

Dari 58 unit kapal di atas 30 Gross Ton (GT) yang beroperasi di Gorontalo, 6 diantaranya masih berproses izinnya.

“Jumat kemarin saya rapat dengan nelayan, mereka mengeluhkan izin kapal yang sulit, di satu sisi sekarang lagi musim ikan plus bulan Ramadan, jadi ini harus diseriusi makanya saya bertemu dengan Pak Menteri,” kata Rusli.

Pertemuan ini direspon baik oleh Menteri KKP. Pihaknya meminta Dirjen terkait untuk mengevaluasi lagi permohonan izin nelayan Gorontalo. Salah satu izin kapal bahkan bisa keluar hari itu juga.

Sementara Ketua Asosiasi Nelayan Gorontalo, Carles Mantu mengapresiasi kesungguhan Gubernur Rusli terhadap aspirasi nelayan.

Rusli tidak saja menemui Menteri KKP tapi juga bisa menuntaskan salah satu SIPI Kapal 30 GT. “ini yang membuat kami sangat terharu dan berterima kasih kepada Pak Rusli, beliau mau membela dan memperjuangkan nasib nelayan, kalau beliau masa bodoh karena masa jabatan beliau tinggal menghitung hari, mungkin beliau tidak mau memperjuangkan ini semua,” kata Carles.

Lima SIPI kapal 30GT saat ini sedang berproses dan diharapkan selesai dalam waktu dekat. Direktur KAPI dan Direktur Perizinan, KKP diminta untuk mengawal proses tersebut. (rg-25)


Komentar