oleh

Perkuat Kapasitas, Bidan UMGO Kerjasama BKKBN Gelar Pre Service Training

RGOL.ID – Program Studi Sarjana Kebidanan Dan Pendidikan Profesi Bidan Fakultas Ilmu Kesehatan Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) menggelar Pre Service Training untuk peningkatan kapasitas pelayanan Keluarga Berencana (KB) bekerjasama dengan Badan Kependudukan Dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Provinsi Gorontalo yang berlangsung secara Daring dan Luring di Gedung LP2M (16/2/2022).

Dekan Fikes Ns. Abd. Wahab Pakaya, M. Kep, MM dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini sangat bermanfaat dalam menunjang proses akademik, ini untuk meningkatkan pengetahuan dan skill mahasiswa profesi bidan,” tegasnya.

Lanjut Ns. Wahab Pakaya menyampaikan jumlah peserta Pre Service Training 93 yang terdiri dari mahasiswa Sarjana Kebidanan dan Profesi Bidan dan pemateri yang berkualitas dari BKKBN.

Terima kasih kepada BKKBN yang sudah sering bekerjasama dengan Fikes dan terima kasih atas kehadiran rektor untuk membuka acara ini,” tutupnya.

Rektor UMGO Prof. Dr. Abd. Kadim Masaong dalam sambutannya menyampaikan penguatan kapasitas ini sangat bagus terutama profesi bidan untuk meningkatkan kompetensi,” ucapnya.

Bidan adalah profesi yang sangat mulia, karena bidan yang akan menyelamatkan dua nyawa yaitu bayi dan ibunya, maka penting peningkatan kualitas profesi bidan.

Terima kasih kepada BKKBN atas kerjasamanya baik itu kerjasama riset dan pelatihan dengan UMGO.

Jumlah mahasiswa Kesehatan PTMA di Indonesia Cukup banyak dengan adanya banyak Fakultas Kesehatan dan Kedokteran termasuk UMGO juga memiliki banyak jumlah mahasiswa, sehingga cukup berperan dalam membantu pemerintah dalam meningkatkan Kesehatan masyarakat.

Saya berharap agar mahasiswa mengikuti dengan baik pelatihan ini, agar ilmunya bisa dipergunakan di tengah – tengah masyarakat,” tutupnya.

Setelah dibuka oleh Rektor dilanjutkan dengan sesi materi dipandu oleh moderator Siskawati Umar, M. Keb dengan pemateri pertama Dr. dr. Herbert Situmorang, SpOG (K) secara online dari Jakarta dengan materi jenis alat dan obat kontrasepsi terkini.

Materi kedua tehnik pemasangan kontrasepsi IUD dan Implan yang dibawakan dr. Elson Djakaria,Sp.OG.

Hadir dalam Pelatihan ini Kaprodi S1 Bidan Dwi Nur Octaviani Katili, S. ST, M. Keb, PLT. Kaprodi profesi Bidan Efry Leny Rauf, S. ST, M. Keb dan Dosen – Dosen Kebidanan UMGO, dari BKKBN Provinsi Gorontalo dr. Rosi Herawaty, M. Kes, M. Si Koordinator bidang KB dan Kesehatan Reproduksi dan beberapa pegawai di lingkungan BKKBN Provinsi. (Jay)


Komentar