oleh

Perkuat Tradisi Unggul, UMGO Hadiri Pertemuan 13 PTM Di Unismuh Makassar

Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) mengutus 3 Delegasi untuk menghadiri pertemuan 13 PTM dalam kegiatan pendampingan workshop penyusunan kurikulum Outcome Based Education (OBE) dan MBKM serta Riset, Publikasi, PKM dan AIK oleh Majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah yang berlangsung di Kampus Unismuh Makassar selama 4 hari 1 – 4 Februari 2022.

Adapun utusan UMGO yaitu Wakil Rektor 1 Bidang Akademik Prof. Dr. Hj. Moon Hidayati Otoluwa, Ketua LP2M Dr. Muh. Firyal Akbar, M. Si dan Kepala Pusat Pengukuran Kinerja dan Akreditasi Sri Hantuti Paramata, SE, M. Pd.

Prof. Dr. Hj. Moon Hidayati Otoluwa ketika diwawancara (5/2/2022) menyampaikan kegiatan ini sangat bermanfaat bagi PTM/A yang tergabung dalam kelompok Sulawesi 2,” tegasnya.

Lanjut Prof. Moon menyampaikan penjelasannya,” bagi UMGO terutama pendampingan dalam penyusunan kurikulum OBE dan MBKM kepada ketua – ketua program studi untuk meminimalisir masalah yang selama ini terjadi, terutama dalam pelaksanaan Catur Dharma ke empat yang menjadi penciri PTM/A yaitu Al Islam dan Kemuhammadiyahan,” ujarnya.

Selain Pendampingan, kegiatan ini juga menjadi ajang evaluasi kinerja Rektor masing – masing PTM/A sehingga peserta terutama Pimpinan PT yang terdiri dari Rektor, WR 1, WR 3, Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat dan Penjaminan.

Evaluasi kinerja lebih di fokuskan pada pelaksanaan Baitul Arqam kepada Civitas akademika, mutu SDM di bidang penelitian dan publikasi ilmiah serta pengabdian pada masyarakat.

Wakil Rektor 1 Prof. Moon menyampaikan laporan di hadapan majelis diktilitbang dan 12 PTM/A tentang program unggulan UMGO yaitu Program mahasiswa berasrama bagi mahasiswa baru, dimana mahasiswa dibina di Asrama terutama dalam kehidupan beragama.

Mereka dibiasakan untuk sholat berjamaah lima waktu, sholat lail, dan puasa sunnah senin – kamis serta pembinaan kesenian, olahraga dan BBQ dan Hasilnya pada wisuda ke XVIII UMGO mulai MC sampai pembawa Doa yang mengisi acara adalah mahasiswa baru.

Dipertemukan dengan PTM/A Sulawesi 2 , tentunya kita saling berbagi pengalaman yang baik, sehingga masing – masing PTM dapat segera memulai kerjasama, saling membantu dan saling mengisi, bergerak ke arah kemajuan secara bersama dan kompetitif untuk mencapai target unggulan masing – masing tutupnya.

Ketua LP2M UMGO Dr. Muh. Firyal Akbar menyampaikan majelis diktilitbang PP Muhammadiyah meminta PTM/A khususnya Sulawesi 2 untuk dapat meningkatkan kinerja riset, pengabdian masyarakat dan Publikasi,” tegasnya.

Lanjut Firyal menyampaikan Alhamdulillah UMGO dalam beberapa item terkait kontrak kinerja khusus bidang riset, pengabdian masyarakat dan publikasi sudah melaksanakan dan bahkan sudah ada yang memenuhi target.

Namun masih ada beberapa hal yang menjadi masalah terkait dengan Skim – skim penelitian masih sulit diraih dosen umgo karena terhambat jabatan fungsional dan syarat artikel internasional beruputasi.

Untuk mengatasi masalah tersebut majelis diktilitbang PP Muhammadiyah menawarkan solusi yaitu akan melaksanakan Workshop penulisan artikel ilmiah dan workshop manajemen penerbitan jurnal di regional masing – masing,” tutupnya.

Adapun 13 PTM/A yang Hadir yaitu Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO), ITBM Polewali Mandar, UM Buton, UM Enrekang, UM Kendari, UM Luwuk, UM Mamuju, UM Palopo, UM Palu, UM Pare- Pare, UM Sidrap, UM Sinjai dan tuan rumah Unismuh Makassar.

Kegiatan dibuka secara resmi oleh Wakil ketua majelis Diktilitbang PP Muhammadiyah Prof. Dr. Irwan Akib dan tim pendamping dan pemateri dari majelis Diktilitbang yaitu Prof. Achmad Nurmandi, Dr. Nuryakin, MM, Agustiyara MSc, Dr. Salahudin, M. Si, M.PA, Ahmad Muttaqien, P. hD, Muhammad Muchlas Rowi, MM, Amika Wardana, P. hD, dan Rahmat Suprapto, M. Si.(Jay)


Komentar