oleh

Perpusnas RI Gelar Bimtek Strategi Pengembangan Perpustakaan di Gorontalo

-Gorontalo-234 Pengunjung

RGOL.ID, GORONTALO (RAGORO) – Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas) kembali menggelar Bimbingan Teknik (Bimtek) Strategi Pengembangan Perpustakaan, Teknologi Informasi dan Komunikasi, Program Transformasi Perpustakaan Berbasis Inklusi Sosial Tahun 2021, di Provinsi Gorontalo.

Kegiatan yang dipusatkan di Maqna Hotel Kota Gorontalo ini, berlangsung sejak tanggal 28 Juni hingga 2 Juli 2021 yang diikuti perwakilan pengelola Perpustakaan baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten / Kota dan Desa.

Kepala Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo, Sul A. Moito saat membuka kegiatan ini menyampaikan bahwa peran perpustakaan sangat penting untuk ditingkatkan sebagai wahana pembelajaran bersama untuk mengembangkan potensi masyarakat.

Selain menyediakan sumber-sumber bacaan informasi dan pengetahuan, perpustakaan juga memfasilitasi masyarakat dengan berbagai kegiatan pelatihan dan keterampilan, dalam rangka pemberdayaan sosial ekonomi masyarakat.

Sul berharap melalui Bimtek ini, perpustakaan dapat terus berkembang, khususnya dalam hal pelayanan.

Selain itu, perpustakaan harus beradaptasi dengan kemajuan teknologi informasi dan komunikasi yang berbasis digital, agar mampu bertransformasi menjadi perpustakaan yang memiliki peran signifikan dalam meningkatkan kemampuan masyarakat, sehingga masyarakat mampu meningkatkan kualitas hidupnya lebih baik lagi.

Perpustakaan harus terus menyediakan sumber-sumber bacaan informasi dan pengetahuan kepada masyarakat. Untuk itu, Sul menyampaikan pentingnya mengikuti kegiatan Bimtek ini dan mengaplikasikannya di tempat masing-masing.

“melalui Bimtek ini, saya berharap mampu meningkatkan pengetahuan Sumber Daya Manusia dari pengelola perpustakaan di daerah, sehingga mendorong tercapainya tujuan program transformasi perpustakaan berbasis inklusi sosial yang berkontribusi dalam memperbaiki kesejahteraan rakyat menuju Indonesia Maju,” tuturnya.

Sementara itu, hadir pada kegiatan itu, Kepala Bidang Perpustakaan, Dinas Kearsipan dan Perpustakaan Provinsi Gorontalo, Syahrudin Porindo, dan diikut 38 peserta yang terdiri dari 26 peserta dari Perpustakaan Desa, 4 peserta dari Perpustakaan Provinsi dan Kabupaten/Kota, serta 8 fasilitator daerah. (awl)


Komentar