oleh

Pertama Kali di Gorontalo. RS Dunda Gelar Operasi Tulang Belakang

-Kab. Gorontalo, Kesehatan-512 Pengunjung

GORONTALO – Ditangan Plt. direktur baru, dr. Irawan Huntoyungo, RS. MM. Dunda Limboto benar-benar berbenah secara internal, bahkan maju dalam pelayanan.

Buktinya, rumah sakit yang dipimpin oleh dokter ahli bedah tulang itu menggelar operasi tulang belakang, yang baru pertama kalinya digelar dibumi serambi madinah Provinsi Gorontalo.

dr. Irawan Huntoyungo saat ditemui disela-sela aktivitasnya mengatakan, bahwa operasi koreksi pada tulang belakang pasien dengan kelainan bentuk tulang belakang. ” Ya, tulang belakangnya bengkok miring, sehingga posisi badannya tidak bisa berdiri tegak, normal seperti biasa, condong kekanan,” paparnya.

Pasien masih berusia remaja, dan kami berupaya untuk mengembalikannya setidaknya 50-70 persen. Karena untuk mengembalikannya lurus seperti adanya itu mungkin belum kami lakukan, mengingat usia remaja, merupakan usia pertumbuhan, ” Ya, jangan sampai seiring itu pula, beban tubuhnya bertambah, jadi kita lakukan bertahap, ” papar dokter yang menambahkan durasi waktu memakan waktu 4-5 jam dan lancar.

dr. Irawan menambahkan, kecenderungan pembengkokan tulang belakang dikarenakan banyak penyebabnya diantaranya bisa terjadi karena bawaan lahir, kecelakaan, infeksi, ataupun penuaan.

“Dan khusus kasus pada pasien ini terjadi pada anak umur 14 tahun yang merupakan bawaan lahir. Dia tidak lumpuh hanya bengkokannya sampai 40 derajat.” jelasnya.

Tujuan dari operasi koreksi tulang belakang ini adalah agar tidak bertambah bengkok tulangnya setidaknya bisa dikoreksi sampai dengan 20derajat.

Kasus koliosis (pembengkokan tulang-red) sebenarnya banyak terjadi tapi orang merasa malu untuk berobat karena posisi yang mulai miring. Tapi insyaa Allah bisa diobati. Dan kebetulan ini kasus pertama di Gorontalo. ” paparnya.

RS Dunda merupakan terbesar kedua setelah RSUD aloe Saboe di Propinsi Gorontalo. Namanya juga rumah sakit pasti fungsi pelayanan yang paling utama disamping ada fungsi-fungsi lain seperti fungsi sosial.

Alhamdulillah saat ini RS Dunda merupakan tim yang solid dalam membangun RS Dunda. Dan yang kami kedepankan saat ini adalah pelayanan. Dan syukurlah saat ini RS Dunda sudah mulai menggeliat. Dimana-mana kami coba untuk membenahi hal-hal yang kurang, tutup dr. Irawan. (RG. 53)


Komentar