Pertamina Sediakan Tiga Layanan Pendaftaran Program Subsidi Tepat

Gorontalo (Rgol.id) – PT Pertamina Patra Niaga Regional Sulawesi terus melakukan sosialisasi Program Subsidi Tepat Pertamina. Senior Supervisor Communication and Relation Pertamina Patra Niaga Region Sulawesi, Taufiq Kurniawan pada konfrensi pers via zoom bersama sejumlah media Gorontalo, Selasa (19/07/2022), menjelaskan subsidi tepat sasaran pada jenis BBM khusus penugasan (JBKP) itu yakni pertalite dan solar, sebagai salah satu upaya untuk melindungi hak-hak masyarakat yang seharusnya mendapatkan subsidi.

Layanan pendaftaran yang dilakukan di SPBU Talumolo (f.pertamina)

“Sosialisasi masih sebatas pendaftaran untuk menjaring masyarakat yang berhak menerima subsidi. Ini belum masuk pada tatanan implementasi, sebab prosesnya masih cukup panjang,” tambahnya. Lebih lanjut Taufik mengatakan Pertamina menyediakan tiga layanan pendaftaran subsidi tepat sasaran guna mempermudah akses yakni secara luring/offline atau datang ke SPBU, kemudian pendaftaran melalui laman resmi Pertamina subsiditepat.mypertamina.id, serta melalui aplikasi Mypertamina yang dapat diakses melalui smartphone.

“Pendaftaran subsidi tepat ini masih dikhususkan kepada kendaraan roda empat ke atas. Sistem ini hanya sebatas untuk pendaftaran bukan pembayaran saat membeli BBM di SPBU, meskipun Pertamina jauh sebelumnya sudah menerapkan pembayaran tunai dan non tunai pengisian BBM,” tambahnya.

Oleh karena itu, ia mengajak masyarakat Gorontalo untuk ikut berpartisipasi mendaftar dan memasukkan data diri KTP elektronik, kartu keluarga, foto tampak depan dan samping kendaraan. Setelah proses pendaftaran, data tersebut akan disampaikan kepada Badan Pengatur Hilir Minyak dan Gas Bumi (BPH Migas) sebagai regulator bersama pemerintah, dan selanjutnya diverifikasi untuk menentukan siapa berhak dan tidak berhak mendapat BBM subsidi itu. “Kami berharap program ini diharapkan  dapat memberikan dampak positif bagi ketahanan stok BBM, supaya ketahanan energi nasional semakin baik dan berkeadilan,” tutupnya. (RG-25)


Jangan Lewatkan

Komentar