oleh

Pertemuan Ke-3 Konsorsium IA di Malang, UM-Go Menuju Akreditasi Unggul

-Gorontalo, Pendidikan-249 Pengunjung

RGOL.ID, Gorontalo – Para auditor keuangan dari berbagai Perguruan Tinggi Muhammadiyah (PTM) se-Indonesia, Jum’at (29/8), mengikuti pertemuan ke III Konsorsium Internal Audit (IA) yang dilaksanakan di Universitas Muhammadiyah Malang (UMM).

Kegiatan ini dilaksanakan selama dua (2) hari oleh 38 PTM, salah satunya Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go). Pada kesempatan ini, UM-Go mengirim Kepala Satuan Pengawas Internal (UM-Go) Felmi D. Lantowa, SE, M.Ak untuk andil dalam pertemuan yang mengangkat tema “Peran Audit Internal untuk Mewujudkan Good University Governance”, di UMM.

Saat dikonfirmasi, Felmi menjelaskan, bahwa kegiatan ini dilaksanakan mengingat kebutuhan terhadap akreditasi institusi yang bernilai unggul memerlukan komitmen dan kerjasama berbagai pihak, termasuk peran dari internal auditor yang mengawal transparansi dan akuntabilitas keuangan universitas.

Dengan adanya konsorsium, kata Felmi, diharapkan silaturahmi antar anggota AI-PTM dapat terjalin, serta dapat digunakan sebagai ajang sharing dalam berbagai aktivitas atau kegiatan lainnya yang dapat mendukung kinerja sebagai auditor internal.

Termasuk peran dalam mendukung akreditasi institusi di perguruan tinggi masing-masing. “konsorsium ini juga diarahkan untuk kepemilikan standar profesional yang sama dalam melakukan audit keuangan terhadap institusi PTM di Indonesia.

Kemudian penyediaan SDM untuk auditor profesional yang diperlukan PP Muhammadiyah untuk melakukan audit keuangan terhadap institusi PTM di Indonesia, serta berperan aktif dalam mendukung akreditasi institusi yang bernilai unggul,” pungkasnya. (jir-63)


Komentar