dob

Golkar Dominasi 3 DOB?

RadarGorontalo.com – Targetnya tidak sampai 2018, tiga daerah otonomi baru (DOB) masing-masing, Gorontalo Barat, Boliyohuto dan Panipi, surat keputusannya akan segera turun. Ada tiga nama pejabat pemprov bakal diutus Pemprov untuk mengisi posisi penjabat bupati. Konon, yang diutamakan adalah pejabat yang pernah atau berasal dari wilayah pemekaran.
Dulu saat masih menjabat Gubernur, Rusli Habibie tradisi yang ada di Pemprov, pejabat yang akan mengisi posisi penjabup, tak cuma berkualitas tapi juga diutamakan pejabat yang belum pernah mengisi posisi seperti itu. Artinya, untuk yang sudah pernah jadi Penjabup, kemungkinan tidak akan terpilih lagi. Tak cuma itu, yang diutamakan juga adalah pejabat berasal, atau pernah bertugas di wilayah pemekaran atau yang terdekat.

Tiga DOB yang akan diujicobakan itu, diprediksi mulai berlaku pertengahan atau akhir 2017 nanti. Karena sesuai hasil konsultasi ke kemendagri, dikatakan tidak sampai atau lewat 2018. Informasi dari berbagai sumber, untuk Gorontalo Barat sendiri yang paling punya kans untuk diplot ke situ, adalah Zukri Suratinojo Karo Humas Pemprov. Selain dianggap pejabat unggulan, pejabat lulusan IPDN ini, juga pernah menjabat sebagai Camat Popayato, dan kemudian mengisi jabatan eselon II di lingkungan Pemkab Pohuwato.

Sedangkan untuk Boliyohuto, kemungkinan akan mengutus Risjon Sunge Kadis Nakertrans Provinsi, sebagai Penjabup. Walaupun bukan asal dari sana, tapi Risjon punya pengalaman 22 tahun di Bappeda. Dan punya kemampuan untuk menyusun dan merencanakan anggaran. Sedangkan Panipi, ada Sul Moito. Kendati demikian, ketiga orang ini belum tentu dipatenkan. Bisa saja berubah di menit-menit terakhir.

Selain tiga penjabup itu, jabatan legislatif akan diisi oleh 18 orang Anggota Dewan. Tak cuma menarik mereka yang sudah duduk di wilayah induk, caleg yang nomor urut dua dan tiga pun, punya peluang masuk parlemen. Di Gorontalo Barat, ketuanya kemungkinan dari partai Golkar, mengingat jumlah Aleg yang berasal dari wilayah pemekaran di dominasi beringin. Sedangkan, Boliyohuto ada dua partai besar, yakni Golkar dan PDIP. Soal posisi ketua, kemungkinan akan terjadi tarik menarik. Hal serupa juga bakal terjadi di Panipi, Golkar bakal berhadap-hadapan dengan PPP soal penunjukan ketua dewan nanti. (rg-34)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.