oleh

Petugas Kebersihan DLHPP Bonebol Meninggal Dunia, BPJamsostek Serahkan Santunan JKK Rp137 Juta

GORONTALO (RGOL.ID) – Badan Penyelenggara Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (BPJamsostek) Cabang Gorontalo kembali membayarkan klaim santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) meninggal dunia kepada seorang petugas kebersihan pada Dinas Lingkungan Hidup, Perhubungan dan Pertanahan (DLHPP) Kabupaten Bone Bolango, yakni almarhumah Masni Sulila.

Santunan itu diserahkan simbolis Asisten III Bidang Administrasi dan Keuangan Setda Bone Bolango Marni Nisabu didampingi Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gorontalo Arif Budiman kepada Adnan Datau, selaku ahli waris maupun suami dari almarhumah Masni Sulila, pada apel kerja di halaman Kantor Bupati Bone Bolango, Senin (25/7/2022).

Penyerahan santunan tersebut turut disaksikan Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesra Aznan Nadjamuddin, Inspektur Daerah Fredy H. Ahmad, para pejabat dan ASN.

Selanjutnya, santunan JKK meninggal dunia ini, kembali diserahkan secara simbolis Kepala BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gorontalo Arif Budiman kepada Bupati Hamim Pou, di Rumah Dinas Bandayo Bupati Bone Bolango.

Masni Sulila sendiri merupakan petugas kebersihan DLHPP Bone Bolango yang tugas sehari-harinya sebagai penyapu jalan.

Ia merupakan peserta aktif BPJS Ketenagakerjaan pada DLHPP Bone Bolango dan mengalami risiko kecelakaan kerja atau risiko kecelakaan lalu lintas tertabrak sepeda motor saat hendak kembali ke rumah dari lokasi tempat kerjanya pada tanggal 11 Juni 2022.

Akibat kecelakaan lalu lintas tersebut almarhumah sempat dilarikan ke RSUD Toto Kabila karena tidak sadarkan diri dan selanjutnya dirujuk kembali ke RSUD Aloe Saboe Kota Gorontalo untuk mendapatkan pertolongan medis lebih lanjut.

Namun nyawanya almarhumah tidak tertolong lagi dan dinyatakan meninggal dunia. Ahli waris dari almarhumah pun berhak atas manfaat program Jaminan Sosial Ketenagakerjaan (Jamsostek) dengan santunan Jaminan Kecelakaan Kerja (JKK) meninggal dunia senilai Rp137 juta lebih.

Bupati Bone Bolango Hamim Pou mengaku bersyukur atas santunan yang diberikan BPJS Ketenagakerjaan Cabang Gorontalo kepada Masni Sulila, salah seorang petugas kebersihan yang mengalami risiko meninggal dunia akibat kecelakaan kerja tersebut.

Almarhumah Masni Sulila ini, kata Bupati Hamim Pou salah satu yang kita berikan penghargaan sebagai perempuan berjasa dan berprestasi di Kabupaten Bone Bolango pada puncak peringatan Hari Kartini ke-143 tanggal 21 April 2022.

“penghargaan itu diberikan atas peran sertanya sebagai Petugas Kebersihan di wilayah Kabupaten Bone Bolango sejak tahun 2015,” kenang Bupati Hamim di hadapan Kepala BPJamsostek Cabang Gorontalo, Arif Budiman.

Sementara itu, Kepala BPJS Ketenagakerjaan/BPJamsostek Cabang Gorontalo, Arif Budiman, mengungkapkan santunan yang diberikan ini merupakan salah satu bentuk kepedulian negara terhadap masyarakat.

Dengan harapan santunan JKK ini mudah-mudahan bisa bermanfaat bagi ahli waris dan bisa menjadi salah satu pendukung ahli waris yang ditinggal penopang keluarga, sehingga mereka bisa meneruskan usaha atau membuat usaha yang baru dengan santunan yang ada.

“Memang santunan ini tidak bisa menggantikan nyawa yang sudah meninggal, akan tetapi mudah-mudahan ini menjadi bagian yang bisa mengingat bahwa almarhumah bisa memberikan kontribusi yang lebih baik untuk keluarga yang ditinggalkannya,” ungkap Arif Budiman, yang juga mantan Kabid Kepesertaan Kooporasi dan Institusi Kantor BPJamsostek Cabang Grogol, Jakarta itu. (LaAwal-46)


Jangan Lewatkan

Komentar