oleh

PGSD. Selain Punya Tujuan Mulia, Ini 5 Fakta Lain

-Pendidikan-604 Pengunjung

KAMPUS (RGOL.ID) – Program studi (Prodi) Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) memang selalu menjadi favorit banyak orang. Salah satu alasannya karena ingin mengajar para generasi muda. Jika diantara para calon mahasiswa memiliki tujuan mulia ini, maka prodi PGSD adalah jawabannya.

Adapun alasan lain adalah ingin memajukan negara lewat jalur pendidikan, jenjang karir sebagai pegawai negeri sipil (PNS), sistem pembelajaran yang menyeluruh, memiliki keahlian di berbagai bidang, memahami bagaimana karakter dan pengembangan kepribadian anak, dapat mengembangkan karir menjadi dosen, menjadi seorang penulis buku dan wirausaha khususnya bimbingan belajar sendiri dan lain sebagainya.

Kali ini Radar Gorontalo akan membahas jurusan PGSD. Berikut informasinya Seperti Dihimpun dari Kompas dan beberapa sumber lain

  • Apa itu jurusan PGSD? Jurusan PGSD mempersiapkan mahasiswa untuk menjadi guru Sekolah Dasar (SD). Jurusan PGSD ini menjadi favorit bagi siswa SMA yang ingin terjun di dunia pendidikan. Di jurusan PGSD, kamu bakal mempelajari semua materi pelajaran SD seperti Matematika, Bahasa Inggris, Bahasa Indonesia, Pkn, IPS, IPA, Kesenian, dan sebagainya. Selain pemahaman akademis, kamu juga dituntut untuk memahami karakter dan pengembangan kepribadian seperti sikap santun, disiplin, pintar, dan berjiwa sosial.
  • Mengapa masuk jurusan PGSD? Mungkin PGSD tak sepopuler jurusan-jurusan favorit seperti kedokteran, hukum, komunikasi, teknik mesin, dan lainnya. Namun, jurusan ini memiliki peran penting dalam masa depan Indonesia. Saat ini, Indonesia membutuhkan tenaga-tenaga pengajar yang berkualitas, Sangat menantang bukan?
  • Mata kuliah dipelajari Dalam jurusan PGSD, kamu akan mempelajari tentang psikologi, manajemen pendidikan, hingga pelajaran-pelajaran SD. Kamu akan belajar mata kuliah seperti pengantar pendidikan, psikologi pendidikan, pengembangan kurikulum SD, pendidikan kewarganegaraan, strategi belajar mengajar SD, profesi keguruan, kajian PPKn SD, ilmu budaya dasar, dan lainnya.
  • Prospek kerja Sesuai dengan nama jurusannya, nantinya kamu mempunyai prospek bekerja yang jelas yakni menjadi guru sekolah dasar. Saat ini, ketersediaan guru SD masih sedikit dan belum memenuhi kebutuhan, terutama di daerah-daerah pedalaman. Jika kamu memilih kuliah di jurusan ini, kamu bisa berkarya di daerah pedalaman yang membutuhkan tenagamu sebagai guru. Selain guru SD, kamu juga bisa menjadi pengajar di bimbingan belajar.
  • Di Gorontalo, Salah satu prodi PGSD yang menjadi favorit ada di Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP), Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go). Prodi ini didirikan pada tahun 2016 dengan SK nomor 440/KPT/1/2016 dan sudah terakreditasi dengan predikat B oleh Badan Akreditasi Nasional Perguruan Tinggi (BAN-PT).

Kondisi kualifikasi tenaga pengajar di prodi ini sebagian besar adalah doktor dan magister. Seluruh dosen tetap sudah memiliki jabatan fungsional serta memiliki jurnal nasional dan internasional. Tunggu apalagi, mumpung pendaftaran mahasiswa baru (Maba) tahun akademik 2021-2022 masih dibuka.


Komentar