oleh

PGSD UMGO Gelar Lokakarya Kurikulum MBKM Berbasis OBE

RGOL.ID – Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) melaksanakan Lokakarya Kurikulum Berbasis Outcome Based Education (OBE) Talenta Inovasi dan Implementasi Merdeka Belajar Kampus Merdeka (MBKM) yang berlangsung di Gedung Madinah FKIP (17/3/2022).

Ketua panitia Wirna Tangahu, M. Pd dalam laporannya menyampaikan adapun maksud dan tujuan dari kegiatan yaitu memperbaiki kurikulum, membahas Profil Lulusan dan menghasilkan kurikulum MBKM yang akan diterapakan di PGSD.

Adapun peserta dari dosen, mahasiswa, Alumni dan stakholder serta mengundang pemateri yang memiliki kapasitas baik internal maupun eksternal,” tutupnya.

Dekan FKIP Dr. Abd. Hamid Isa, M. Pd dalam sambutannya menyampaikan kegiatan ini berbasis Outcome Based Education (OBE), ini adalah tindak lanjut dari lokakarya tingkat Universitas dan kebijakan Rektor tentang pemberlakuan kurikulum MBKM,” tegasnya.

Lanjut Hamid Isa Kurikulum yang dipakai PGSD sekarang adalah kurikulum dari FKIP Uhamka Tahun 2016 yang kita sesuaikan dengan kondisi Gorontalo pada saat itu.

Hari ini kami akan hadirkan Kaprodi PGSD dari Universitas Muhammadiyah Surakarta. Alhamdulillah PGSD sudah meluluskan 120 Alumni dan target selesai 3,5 Tahun bisa selesai akan kita bahas dalam lokakarya kurikulum kali ini,” tutupnya.

Rektor UMGO Prof. Dr. Abd. Kadim Masaong dalam sambutannya menyampaikan selamat atas terselenggaranya Lokakarya untuk menata PGSD ke depan,” tegasnya.

Lanjut Prof. Kadim menyampaikan disamping memperkuat 2 Program studi, Insha Allah tahun ini kita akan tambah Prodi Baru di FKIP. Silahkan ditata kurikulumnya agar bisa selesai 3,5 tahun.

Jika mau meningkatkan budaya mutu maka yang harus dilihat budaya organisasi, jika UMGO mau dicari mahasiswa bukan mencari mahasiswa maka mutunya harus baik.

Untuk mencapai budaya mutu dan dicari mahasiswa maka harus Unik, Unik itu sesuatu yang tidak ada ditempat lain, baik dari sisi gedung, keunikan mutu dan keunikan program berasrama.

SDM Dosen yang berkualitas, maka dosen harus memperhatikan jabatan fungsionalnya, dan melaksanakan Catur Dharma perguruan tinggi Muhammadiyah.

Penguasaan IT serta Silaturrahim dan jejaring, ini semua menjadi syarat untuk menjadi kampus yang diidolakan oleh mahasiswa,” tutupnya.

Adapun materi Lokakarya yaitu Kebijakan umum dan manajemen mutu oleh Rektor UMGO, Penelitian tindakan kelas oleh Prof. Abdul Haris Panai, M. Pd.

Implementasi MBKM dan integrasi materi narkoba dalam mata kuliah yang relevan oleh Dekan FKIP UMGO Dr. Abd. Hamid Isa, M. Pd dan Dr. Ibrahim Paneo, S. Kep, M. Kes.

Struktur Kurikulum oleh Kaprodi PGSD UMGO Yulanti S. Mooduto, M. Pd

Materi terakhir MBKM dan kurikulum berbasis OBE dan talenta Inovasi, share learning oleh Kaprodi PGSD Universitas Muhammadiyah Surakarta Dr. Fitri Fuji Rahmawati, M. Hum, M. Pd.

Diskusi dan sharing seluruh Dosen PGSD dalam merancang kurikulum yang akan diterapkan pada MBKM mewarnai Lokakarya kurikulum.(HMS)


Jangan Lewatkan

Komentar