Piala Adipura, Peran Masyarakat Dikhususkan Kepetugas Kebersihan

PEMKOT (RGOL.ID)- Walikota Gorontalo Marten A. Taha menyebutkan, penghargaan adipura tersebut memiliki dampak positif khusunya para petugas kebersihan atau yang lebih dikenal pasukan Kuning yang ada di Kota Gorontalo.

“Keberhasilan yang dicapai ini tidak lepas dari peran seluruh komponen masyarakat dan lebih khusus peran dari petugas kebersihan. Dari pagi hingga malam tanpa mengenal lelah menjalankan tugas penuh keihklasan, “ujar Marten A. Taha usai menyambut Piala Adipura di Rumah dinas Walikota,

um’at(3/3/2023) pekan kemarin. Lanjut, sebagai bentuk apresiasi terhadap kinerja tenaga kebersihan ini, Marten mengungkapkan, Pemerintah Kota Gorontalo akan memberikan perhatian serius dengan menaikan jumlah honor.

Piala Adipura ini merupakan simbol, daerah tersebut bersih dari sampah, tetapi yang lebih penting, kebersihan lingkungan ini merupakan kewajiban bagi Pemerintah daerah untuk menciptakan daerah yang bersih, sejuk, sehat dan nyaman. Jika satu kawasan tercipta lingkungan yang bersih dan sejuk maka masyarakat akan sehat dan nyaman dalam menjalankan aktifitas, “ucapnya.

Dirinya juga menambahkan, piala Adipura tersebut kata Marten, didedikasikan kepada mereka petugas kebersihan dan seluruh warga Kota. Di karenakan, tanpa petugas kebersihan di dukung masyarakat, piala Adipura ini niscaya dapat dicapai. Olehnya itu, pihaknya kata Marten, akan memperhatikan kesejahteraan mereka bahkan diupayakan untuk menaikkan honor setiap bulan.

“Jika satu kawasan tercipta lingkungan yang bersih dan sejuk maka masyarakat akan sehat dan nyaman dalam menjalankan aktifitas. Selain itu juga, Piala Adipura ini juga diharapkan menjadi motifasi dalam menjalankan tugas dan fungsi khususnya bagi dinas terkait untuk terus meningkatkan kinerja sehingga Kota Gorontalo tetap dalam keadaan bersih dan tentram, “pintrahnya.

Diketahui pula, Piala Adipura tersebut merupakan penilaian di tahun 2022 bahkan hingga saat ini sudah yang ke Empat kalinya Kota Gorontalo meraih Adipura tahun 2015, 2016, 2017 dan 2022 yang diserahkan pada tahun 2023, yang di serahkan langsung oleh Mentri Lingkungan Hidup dan Kehutanan RI Siti Nurbaya di Jakarta.(lev).

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.