oleh

Pihak Lain (Juga) Bisa Riset dan Uji di Laboratorium STIKES-BMG

Aktifitas mahasiswa STIKES-BMG di laboratorium. Laboratorium di STIKES-BMG, dilengkapi dengan berbagai instrument
Aktifitas mahasiswa STIKES-BMG di laboratorium. Laboratorium di STIKES-BMG, dilengkapi dengan berbagai instrument

Maksimalkan Pemanfaatan Fasilitas Laboratorium

RadarGorontalo.com – Sekolah Tinggi Ilmu Kesehatan Bina Mandiri Gorontalo (STIKES-BMG) membuka peluang bagi siapa saja pihak lain yang ingin memanfaatkan fasilitas laboratorium untuk kepentingan penelitian dan berbagai riset maupun uji.

“laboratorium yang ada saat ini, sudah dimanfaatkan baik oleh mahasiswa maupun dosen, terutama dosen yang melakukan riset. Peluang bagi pihak lain yang ingin memanfaatkan fasilitas laboratorium ini, tetap ada. Hanya saja, sampai dengan saat ini, belum ada yang datang. Tapi kalau ada yang ingin melakukan join penelitian misalnya, itu bisa. Di Gorontalo ini kan sudah ada SMK Analis Kesehatan. Nah, baik guru maupun siswa yang ingin meneliti, kita akan memfasilitasinya,” kata Wakil Ketua Bidang Akademik dan Kemahasiswaan STIKES-BMG, Dede Sutriono, S.Si.

Begitu juga dengan institusi lain, kata Dede, pihaknya tetap membuka peluang untuk bisa menggunakan fasilitas laboratorium. “Institusi lain juga bisa. Tapi kalau untuk institusi lain, semisal Balai POM, uji maupun risetnya, biasanya sangat spesifik dan membutuhkan instrumen-instrumen tertentu. Pada hal-hal yang seperti ini, kita lihat dulu parameter dan standar yang diuji seperti apa. Kalau instrument-nya ada di laboratorium kita dan sesuai dengan standar, maka kita tetap akan melayaninya,” kata Dede.

Dalam kurun waktu tiga tahun, STIKES-BMG kini telah memiliki beberapa laboratorium yang keseluruhannya adalah untuk menunjang penyelenggaraan akademik di tiga prodi yang ada di STIKES-BMG, masing-masing prodi S1 Farmasi, S1 Gizi dan prodi D III Analis Kesehatan. STIKES-BMG saat ini telah memiliki laboratorium laboratorium kimia, laboratorium mikrobiologi, laboratorium PSG, laboratorium kuliner, laboratorium bakteriologi, laboratorium parasitologi, laboratorium fitokimia, dan laboratorium farmakologi.

“Tidak mudah memang untuk bisa menyiapkan seluruh laboratoium ini hanya dalam waktu tiga tahun. Tapi pihak Yayasan Bina Mandiri Gorontalo (YBMG) punya keinginan besar agar STIKES-BMG bisa melahirkan SDM yang punya kompetensi. Dan semua fasilitas laboratorium yang ada saat ini, akan sangat menunjang kompetensi mahasiswa yang ada di tiga program studi,” kata Dede.(rg-40)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar