oleh

Pilgub Harus Bebas Politik Uang.

uang-large

RadarGorontalo.com – Meski sudah menjadi “penyakit” dalam dunia politik, dan sudah banyak kasus-kasus melilit para calon yang diakibatkan money politik, strategi politik uang masih menjadi pilihan utama bagi para kandidat. Hal ini perlu diwaspadai karena pemimpin yang terpilih dengan mengandalkan uang sebagai alat untuk meraih dukungan rakyat justru menurunkan kualitas dari demokrasi.

Menurut Novalliansyah Abdussamad, Wakil Ketua Umum Pengurus Daerah Keluarga Alumni Universitas Muhammadiyah Yogyakarta, fenomena politik uang sangat sulit dihindari dan butuh kerja keras untuk melawan politik uang. “Demokrasi kita menghendaki pemimpin lahir dengan jujur dan adil berdasarkan pilihan rakyat.

Pilihan rakyat berdasarkan kapabilitas kandidat bukan di karenakan pengaruh pemberian uang kemudian memilih kandidat “.Lebihlanjut, menurutnya, proses perbaikan demokrasi lokal harus mendapat dukungan dari semua elemen masyarakat. “masyarakat Gorontalo harus bisa keluar dari “lorong gelap” demokrasi. Memilih pemimpin berdasarkan pemberian uang merupakan perilaku buruk masyarakat. Sudah saatnya kita menolak kandidat yang hanya mengandalkan uang sebagai alat konversi suara pada pemilihan Gubernur nanti. (RG)


Jangan Lewatkan

Komentar