oleh

Pinogu Butuh Tower Jaringan Telekomunikasi

-Bone Bolango, Gorontalo-168 Pengunjung
SEKDA Ishak Ntoma, Camat Pinogu Abd. Wahab Hadju, Sekcam Pinogu Neel Amstrong Hadju duduk melantai dan berpose bersama warga Pinogu di kantor Camat Pinogu. (fotodoc.hms)
SEKDA Ishak Ntoma, Camat Pinogu Abd. Wahab Hadju, Sekcam Pinogu Neel Amstrong Hadju duduk melantai dan berpose bersama warga Pinogu di kantor Camat Pinogu. (fotodoc.hms)

BONE BOLANGO (RADAR) – Meskipun teknologi semakin cangkih saat ini, namun ternyata tidak sepenuhnya masyarakat menikmatinya. Buktinya, warga Kecamatan Pinogu Kabupaten Bone Bolango, Provinsi Gorontalo salah satunya yang hingga kini masih kesulitan berkomunikasi dengan masyarakat luar. Hal ini karena, di Kecamatan Pinogu tidak ada satupun di jumpai tower telekomunikasi. Apalagi daerah ini berada di tengah-tengah Taman Nasional Bogani Nani Wartabone (TNBNW).Ditambah lagi dengan sulitnya medan dan akses jalan kesana, karena hanya bisa dilalui dengan sepeda motor jenis trail. Camat Pinogu Abd. Wahab Hadju ketika diwawancarai disela-sela kunjungan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Bone Bolango Ir. H. Ishak Ntoma belum lama ini mengatakan, hanya ada dua aspirasi masyarakat Pinogu saat ini yakni pembangunan akses jalan dan pembangunan tower telekomunikasi.

Khusus untuk aspirasi pembangunan tower telekomunikasi, masyarakat Pinogu siap menyediakan lahan maupun lokasi pembangunan tower secara gratis berapa pun yang dibutuhkan oleh pihak provider. Tidak hanya itu, untuk pengangkutan material yang berhubungan dengan pembangunan tower telekomunikasi dari Desa Tulabolo Kecamatan Suwawa Timur sampai ke Kecamatan Pinogu itu juga masyarakat siap dan gratis biaya pengangkutannya. Sementara itu, Maryam Maini, salah satu diantara warga Pinogu saat diwawancarai, juga menambahkan bahwa seluruh masyarakat Pinogu mengharapkan perhatian dari pemerintah, baik itu pemerintah pusat, provinsi maupun kabupaten untuk dapat membuka keterisoliran Kecamatan Pinogu, baik itu dari segi akses jalan maupun dari segi telekomunikasi. Terlebih Pinogu merupakan daerah leluhur maupun daerah nenek moyang orang Gorontalo yang berada ditengah-tengah TNBNW.

Masyarakat menyadari bahwa kemajuan teknologi saat ini terutama akses sinyal komunikasi menjadi hal yang sangat penting. Terlebih, di Kecamatan Pinogu yang terletak di ujung timur Kabupaten Bone Bolango dan berada ditengah-tengah TNBNW yang harus ditempuh dengan berjalan kaki sekitar 12-14 jam. Sedangkan kalau menggunakan jasa ojek sepeda motor jenis trail itu bisa ditempuh sekitar 3-5 jam kalau cuaca cerah dengan ongkos atau biaya Rp. 500 ribu pergi-pulang. Sementara kalau cuaca hujan, bisa memakan waktu sekitar 6-8 jam dengan biaya ojek mencapai Rp. 750 ribu hingga Rp. 1 juta. Untuk itu, lanjut Maryam Maini, warga Pinogu sekali lagi berharap ada kepedulian dan perhatian dari pihak pemerintah, terutama dari pihak jasa telekomunikasi untuk bisa membangun jaringan maupun tower telekomunikasi di Pinogu. (RG-46)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.