Sekda didampingi beberapa pejabat meninjau lokasi Festival Pisang Tumbuk. (FOTO : RONALD RAMPI/RG)
Sekda didampingi beberapa pejabat meninjau lokasi Festival Pisang Tumbuk. (FOTO : RONALD RAMPI/RG)

FESTIVAL PESONA BOALEMO 2016  

RadarGorontalo.com – Semarak Festival Pesona Boalemo dan Pulo Cinta 2016, mulai menggema di Kabupaten Boalemo. Sejak 5 Oktober kemarin, sejumlah rangkaian kegiatan mulai dilaksanakan. Dari sederet kegiatan yang dipersiapkan, Festival Pisang Tumbuk menjadi salah satu kegiatan yang menarik. Bagaimana tidak, pada kegiatan ini pemerintah daerah Kabupaten Boalemo menargetkan untuk bisa memecahkan rekor memasak pisang tumbuk terpanjang dan terbanyak. Untuk mewujudkan hal itu, pemerintah daerah melalui panitia pelaksana lokal merencanakan kegiatan memasak pisang tumbuk sepanjang 2.000 meter atau 2 KM.

Hal ini disampaikan Ketua Panitia Pelaksana Lokal Festival Pesona Boalemo dan Pulo Cinta 2016, Husain Etango. Disela-sela kunjungan ke lokasi kegiatan di kawasan obyek wisata Pantai Bolihutuo, Husain menerangkan, tujuan dari pelaksanaan kegiatan ini adalah untuk memberikan motivasi kepada masyarakat agar bisa tetap menjaga tradisi kearifan lokal. Seperti diketahui, kata Husain, pisang tumbuk merupakan salah satu makanan khas Gorontalo. Sehingganya, melalui kegiatan Festival Pesona Boalemo dan Pulo Cinta 2016, pisang tumbuk dijadikan salah satu rangkaian kegiatan. Bahkan, kegiatan ini digagas secara khusus guna memecahkan rekor Museum Rekor Dunia Indonesia (MURI). “Jadi tujuan dari seluruh rangkaian kegiatan yang dilaksanakan ini, adalah bagaimana bisa mengembangkan pariwisata dengan turut mengembangkan budaya lokal,” ungkap Husain, Jumat(7/10).

Persiapan kegiatan Festival Pisang Tumbuk ini juga mendapat perhatian dari Sekretaris Daerah Kabupaten Boalemo Sujarno Abdul Hamid. Didampingi Asisten Kebijakan Ekonomi dan Pembangunan setda Boalemo Husain Etango, Kepala Dinas Pariwisata Kabupaten Boalemo Handoyo Sugiharto dan Staf Ahli Bupati Boalemo Bidang Investasi Sherman Moridu, Sekda meninjau langsung lokasi dan kesiapan beberapa peserta yang mulai membangun stand tempat memasak pisang tumbuk. Selain meninjau lokasi Festival Pisang Tumbuk, kedatangan Sekda adalah untuk memantau kesiapan lokasi kegiatan puncak Festival Pesona Boalemo dan Pulo Cinta 2016.

Sementara itu, Staf Ahli Bupati Boalemo Bidang Investasi Sherman Moridu yang juga sebagai penggagas kegiatan Festival Pisang Tumbuk menjelaskan, nantinya kegiatan ini akan diikuti oleh PKK dari 82 desa se Kabupaten Boalemo. “Mereka akan berlomba memasak pisang tumbuk. Yang akan dinilai adalah, cita rasa, tingkat kematangan serta kerjasama dari seluruh anggota tim,” beber Sherman. Nantinya, seluruh pengunjung yang memadati obyek wisata Pantai Bolihutuo diperkenankan untuk menyicipi seluruh masakan yang ada di stand-stand yang tersedia. (RG-59)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.