oleh

PMDes Harus Turun. Ada Kades Terpilih Dapati Kantor Desa Kosong

-rgol.id-1.386 Pengunjung

RGOL.ID.GORONTALO – Aroma dan nuansa Pilkades rupanya masih terasa kental dihati para aparat desa. Sehingga bisa mugkin kondisi di desa belum stabil.

Apalagi pasca yang dijagokan kalah, khususnya mereka para petahana, maka ada semacam keengganan para aparat desa ini untuk kembali menyatu dan berbaur dengan kepala desa terpilih.

Untuk itu Aleg Golkar DPR Iskandar Mangopa meminta agar kiranya dinas terkait PMDes agar segera turun kebawah, menyambangi kantor kantor desa yang ada guna memberikan pengarahan kepada mereka aparatur desa agar kiranya bisa berbaur kembali.

” Ya, mereka (para aparat desa) kiranya bisa memahami, bahwa yang namanya kompetisi ada yang menang dan ada yang kalah. Sehingga siapapun yang terpilih, kolaborasi persatuan dan kesatuan adalah yang utama dinantikan masyarakat,” ujar Iskandar.

Iskandar memahami perasaan yang kalah, namun desa harus kembali bergerak membangun wilayahnya dan itu memerlukan kolaborasi aktif diantara semua perangkat desa.

” Saya sudah ada yang mengaspirasikan hal itu. Ada Kades terpilih, datang ke kantor desa, namun tidak ada orang sama sekali mereka para aparat desa. Ini tentu tidak bisa dibiarkan,” ujarnya.

Kekosongan itu kata Iskandar, sesuai investigasi dilapangan hanya karena mereka menjagokan petahana namun kalah dalam pemilihan.

” Bahkan ada yang lampu diruangan kades pun sudah hilang. Ditanya apakah mereka tidak keberatan. Malah jawaban sang kades ‘Hulilomao pak’ (Biarkan saja pak) insya Allah mereka tetap akan datang,” ujarnya yang tak mau menyebutkan desa mana itu.

Yang pasti dengan kondisi itu, PMDes harus segera turun untuk menuntaskan kesenjangan antara Kades terpilih atau yang baru tersebut dengan aparaturnya, tutup Iskandar. (Qn)


Komentar