oleh

PNS Masih Profesi Idaman

-Kota Gorontalo1-322 Pengunjung
Hardi Sidiki

RadarGorontalo.com  – Meskipun kesempatan kerja di sektor swasta maupun BUMN cukup banyak, profesi pegawai negeri sipil (PNS) tetap saja jadi rebutan. Lantas, apa sebenarnya alasan banyak orang lebih memilih bekerja sebagai PNS. Ketua Fraksi Golkar, Hardi Sidiki mengatakan, salah satu faktor yang membuat PNS menjadi profesi idaman di mata masyarakat adalah kesejahteraan hidup.

Masyarakat menganggap profesi PNS bisa menjadi jaminan kesejahteraan yang tinggi. Dengan reformasi birokrasi yang digaungkan pemerintah selama ini, penghasilan para PNS memang cukup menggiurkan. Selain mendapat gaji bulanan setiap tanggal 1, beberapa kementerian juga menyediakan tunjangan kinerja bagi para pegawai.

Nilainya bisa dari jutaan rupiah sampai ratusan juta rupiah tergantung jabatannya. Selain itu, menjadi PNS takkan menderita. Tak seperti masyarakat yang bekerja di kantor, khususnya pabrik, ancaman Pemutusan Hubungan Kerja (PHK) selalu membayangi. Alasannya bisa bermacam-macam.

Namun memang posisi PNS tak selamanya aman. Mereka juga bisa diberhentikan karena berbagai faktor. Hardi juga mengatakan salah satu faktor penarik besarnya peminta CPNS adalah jaminan di kala pensiun. “Seumur hidupnya akan dijamin negara dan mendapatkan pensiun,” katanya.
Kemudian, tak hanya soal ekonomi, ternyata menjadi PNS juga erat kaitannya dengan budaya masyarakat.

Tak dipungkiri, menjadi PNS bisa meningkatkan derajat yang lebih tinggi seseorang di dalam masyarakat. “Kalau punya dua calon menantu, satu swasta dan satu PNS, mertua lebih memilih yang PNS. PNS punya konotasi bisa kaya,” sentilnya. Dengan alasan-alasan yang dipaparkan Hardi, tak bisa dipungkiri menjadi PNS memang masih menjad magnet besar seseorang dalam urusan mencari profesi. (rg-63)


Komentar