oleh

Polopalo Siap Dikenalkan ke Unesco

-Bone Bolango-167 Pengunjung

BONE BOLANGO (RGOL.ID) – Pagelaran Festival Polopalo di Kabupaten Bone Bolango menjadi langkah awal untuk mengenalkan alat music Polopalo hingga ke United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO).

Ini diungkapkan langsung oleh Kepala Balai Pelestarian Nilai Budaya (BPNB) wilayah Sulawesi Utara, Tengah, dan Gorontalo (Suluttenggo), Apolos Marisan saat memberikan sambutan pada pagelaran seni dan budaya dalam rangka Festival Polopalo di Benteng Ulantha Suwawa, Selasa (5/10/2021).

Bukan tanpa alasan Apolos Marisan mengatakan hal tersebut. Sebab menurutnya pagelaran Festival Polopalo di Kabupaten Bone Bolango menjadi langkah awal dalam dukungan data untuk mengusung alat music Polopalo hingga mendunia bahkan ke Unesco.

“Ini bukan hal yang mustahil karena bagaimana kita melihat pelestarian alat musik Polopalo ini di Kabupaten Bone Bolango sangat luas,” ungkapnya.

Apolos pun mendorong agar alat music Polopalo bisa mendapatkan registrasi sebagai Warisan Budaya Nasional asal Provinsi Gorontalo.

“Karena satu poin yang harus kita catat bersama ini alat music massal dan ada hingga di pelosok Provinsi Gorontalo,” ujarnya.

Dengan didaftarkannya alat musik Polopalo sebagai Warisan Budaya Nasional, Ia berharap upaya perlindungan, pengembangan, pemanfaatan, dan pembinaan alat music tersebut tetap lestari. (awal-46)


Komentar