oleh

Polres Gorut Resmi Beroperasi

RGOL.ID (GORUT) – Kepolisian Resort (Polres) Gorontalo Utara (Gorut) resmi beroperasi. Hal ini ditandai upacara pengukuhan yang dilangsungkan di Halaman Kantor Bupati Gorut yang dilanjutkan dengan peresmian operasional di Gedung Polres Gorut, Selasa (21/1) pagi.

Dalam acara upacara pengukuhan, bertindak sebagai Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Wahyu Widada sebagai inspektur upacara (irup). Kepada sejumlah awak media, usai upacara pengukuhan, Kapolda Gorontalo Brigjen Pol Wahyu Widada mengungkapkan berdirinya Polres Gorut ini sudah diteken lewat Surat Keputusan Kapolri sejak September 2019 kemarin, dan untuk peresmian dan penggunaannya baru sekarang.

“Saya harapkan dengan berdirinya Polres di Gorut ini kita sudah lengkap 6 Polres, sehingga tugas sekarang tantangannya bagaimana bisa meningkatkan pelayanan kepada masyarakat dengan lebih baik lagi. Karena kalau pelayanannya masih seperti kemarin-kemarin, maka tidak ada guna ini Polres dan harus kita evaluasi,” ujar Kapolda Wahyu.

Namun demikian, pejabat Polri dengan satu bintang di pundaknya itu optimis keberadaan Polres Gorut ini dapat memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat, baik dalam rangka penegakan hukum, pemeliharaan Kamtibmas maupun perlindungan dan pengayoman kepada masyarakat.

“Untuk itu saya mohon kepada masyarakat untuk bisa mendukung, memberikan doa restu, termasuk nanti dalam kelanjutannya, karena kita masih terus membangun Polres ini,” tukasnya. “Terima kasih kepada Pak Bupati Gorut dan seluruh jajaran yang telah menyiapkan dan membantu terbentuknya Polres Gorut ini,” tambahnya.

Sementara Bupati Gorut Indra Yasin dalam sambutannya saat acara peresmian itu mengaku berterima kasih kepada Kapolda Wahyu Widada dan kapolda-kapolda sebelumnya yang telah sama-sama berjuang mewujudkan Polres Gorut.

“Dengan resmi beroperasinya Polres Gorut ini, maka Forkopimda di Gorontalo Utara semakin lengkap. Kita sudah ada Kajari, Kapolres dan Pengadilan Negeri sementara menunggu. Begitu juga dengan angkatan bersenjata, baik darat, laut dan udara,” kata Indra.

Pada kesempatan itu, Indra pun mengatakan pemerintah daerah siap mensupport pengembangan Polres Gorut. “Kita akan anggarkan lewat APBD sebesar Rp. 1,5 miliar dan tanah juga sudah kita siapkan untuk pembangunan gedung Polres yang lebih representatif,” imbuhnya.

Tak hanya pemerintah daerah, kehadiran Polres di Gorut juga disambut hangat masyarakat setempat. Muhamadun Rahmola selaku Tokoh Masyarakat Gorut mengatakan keberadaan Polres di Gorut ini telah dinantikan sejak terbentuknya Kabupaten Gorut 12 tahun silam. Menurut pria yang akrab disapa Dun ini, hadirnya Polres di Gorut adalah anugerah dari Allah SWT.

“Alhamdulillah berkat perjuangan dari Bapak Kapolda, Gubernur dan Bupati akhirnya hari ini institusi Polres Gorontalo Utara ini terealisasi,” ujarnya. “Olehnya itu atas nama masyarakat Gorontalo Utara menyampaikan banyak-banyak terima kasih kepada Bapak Kapolda, Gubernur dan Bupati Gorontalo Utara yang telah gigih memperjuangkan hadirnya Polres Gorontalo Utara,” tandasnya.

Hadir pada acara peresmian itu, Bupati Gorut Indra Yasin, Wakil Bupati Gorut Thariq Modanggu, Komandan Korem 133/Nani Wartabone Kolonel CZI Arnold A.P. Ritiauw, unsur Forkopimda, Sekretaris Daerah Ridwan Yasin dan jajaran pimpinan OPD. (ind-56)

Komentar