oleh

Polres Gorut Ungkap Penangkapan 1 Tersangka Penyalahgunaan Narkoba

RGOL.ID, GORONTALO – Kepolisian Resor Gorontalo Utara (Polres Gorut) mengungkap penangkapan 1 (satu) orang tersangka penyalahgunaan narkotika diduga jenis sabu sebanyak 3 paket.

Kapolres Gorut AKBP Dicky Irawan Kesuma mengungkapkan tersangka berinisial RS alias Onil (24) warga Kelurahan Wumialo, Kecamatan Kota Tengah, Kota Gorontalo ditangkap di Jalan Trans Sulawesi simpang tiga depan minimarket Alfamart Desa Pontolo, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara pada 8 April 2020 lalu.

Dijelaskan Kapolres, penangkapan terhadap tersangka Onil bermula dari informasi masyarakat yang diterima anggota opsnal sat resnarkoba Polres Gorut, sekitar pukul 15.30 Wita bahwasanya akan ada transaksi narkotika di wilayah hukum Polres Gorut. Di mana, tersangka membawa mobil warna putih jenis mini bus merk Wuling (almaz Turbo) dengan nomor polisi DM 1136 FB dari arah Kota Gorontalo menuju Gorontalo Utara.

Atas informasi itu, Kanit Opsnal kemudian melaporkan informasi tersebut kepada Kasat Resnarkoba Polres Gorut. Setelah menerima laporan, Kasat Resnarkoba bersama 5 (lima) anggota opsnal langsung menuju Tempat Kejadian Perkara (TKP) di Desa Pontolo, Kecamatan Kwandang, Kabupaten Gorontalo Utara, tepatnya di simpang tiga halaman minimarket alfamart.

“Anggota kami melihat mobil masuk kawasan parkir Alfamart setelah itu satu orang lelaki turun dari mobil tersebut dan anggota melihat lelaki tersebut membuang suatu barang. Anggota kami pun memerintahkan kepada lelaki tersebut untuk mengambil kembali barang tersebut dan setelah diperiksa ternyata itu adalah narkoba jenis sabu,” ungkap Dicky.

Tersangka juga lanjut Kapolres, sempat berusaha menelan paket yang kedua, namun langsung dirampas oleh anggota dan paket yang ketiga ditemukan di dalam topi yang digunakan tersangka.

Dalam perjalanan menuju Polres Gorut, tersangka berusaha merampas stir mobil dan mengendalikan mobil yang dikendarai oleh anggota kami dengan tujuan untuk melarikan diri. Mobil pun sempat oleng dan hampir menabrak pejalan kaki serta pengguna jalan lainnya.

“Saat mobil berhasil dihentikan, tersangka berusaha melarikan diri. Dan akhirnya kita melakukan penembakan di bagian kaki yang bersangkutan. Untuk selanjutnya kita bawa ke rumah sakit terlebih dahulu, untuk melakukan penanganan kesehatan,” ujar Kapolres.

Saat ini tersangka telah ditahan di rutan Polres Gorut. Sementara barang bukti yang telah diamankan, terdiri atas 3 paket sabu yang sempat dikonsumsi tersangka dan siap untuk diedarkan. “Hasil pemeriksaan Balai POM kurang lebih beratnya 0,3 gram,” imbuh mantan Kasat PJR Polda Gorontalo itu.

Selain 3 paket sabu, diamankan juga 1 buah handphone merk Oppo warna hitam dan 1 buah topi warna putih biru. Menariknya, setelah diinterograsi, tersangka merupakan residivis dalam kasus penyalahgunaan dan peredaran narkoba jenis ganja dengan hukuman 4 tahun 1 bulan di Lapas Gorontalo.

“Tersangka baru keluar 2 – 3 bulan lalu dengan kasus yang sama. Tersangka merupakan kurir dan kita kenakan pasal 112 ayat 1 dan 127 ayat 1 dengan ancaman hukum 4 – 20 tahun,” pungkas perwira menengah Polri itu. (ind-56)


Komentar