oleh

Positivity Rate Covid-19 di Bonebol 26,6 Persen

-Bone Bolango-312 Pengunjung

RGOL.ID, GORONTALO – Pemerintah kabupaten Bone Bolango terus berupaya melakukan pemeriksaan harian atau pemeriksaan swab harian, terutama kepada orang yang bergejala dan kontak erat. Ini penting dilakukan agar jumlah positif dapat teridentifikasi dan segera tertangani.

Sementara berdasarkan data dari Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango, Positivity rate Covid-19 di Kabupaten Bone Bolango, per Sabtu (11/9/2021) mencapai 26,6 persen. “ini sangat tinggi jika dibandingan dengan standar WHO,” ujar Kepala Dinas Kesehatan kabupaten Bone Bolango, dr. Meyrin Kadir, Sabtu (11/9/2021).

Berdasarkan standar yang dikeluarkan Organisasi Kesehatan Dunia (WHO), angka positivity rate Covid-19 seharusnya kurang dari 5 persen. “hasil normalnya dibawah 5 % baru kita katakan pandemi terkendali,” tambahnya. Lantas apa itu positif rate?

Positivity rate adalah perbandingan antara jumlah kasus positif Covid-19 dengan jumlah tes yang dilakukan. Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Bone Bolango, dr. Meyrin Kadir menyampaikan seputar positif rate di Kabupaten Bone Bolango.

kita harusnya setiap hari testing 46 orang, karena positif rate kita masih 22,6 persen yang harusnya kurang dari 5 persen,” terangnya. Sementara, pemeriksaan harian ini pun jadi perhatian Bupati Hamim Pou. Disampaikan Bupati, pemeriksaan harian harus terus dimaksimalkan.

“semoga penyebaran Covid-19 bisa kita tekan terus, sehingga tidak ada penambahan, dan tidak ada kematian,” ujar Bupati Hamim Pou. Selain itu, Hamim menghimbau kepada tim gugus tugas untuk bersama-sama pemerintah, TNI dan Polri meningkatkan kegiatan 3T yakni Testing (pemeriksaan dini), Tracing (pelacakan), dan Treatment (perawatan).

Demikian pula, Bupati Hamim Pou menghimbau kepada seluruh elemen masyarakat Bone Bolango untuk selalu menjaga penerapan Protokol Kesehatan (Protkes) dalam kehidupan sehari-hari. “dan terpenting adalah masyarakat mengikuti kegiatan vaksinasi dalam rangka mempercepat terbentuknya herd immunity atau kekebalan kelompok, yang insyaAllah bisa berdampak pada kehidupan yang kembali normal,” tutur Bupati Hamim Pou. (awl)


Komentar