oleh

Posko PPKM Pasar Tradisional di Gorontalo Dilengkapi Swab Antigen

-Kota Gorontalo-97 Pengunjung

RGOL.ID, GORONTALO – Usai menerima instuksi Gubernur Gorontalo untuk membentuk posko PPKM di pasar-pasar tradisional, maka di Pasar Selasa Pilolodaa, Kota Barat, Kota Gorontalo, posko PPKM dilengkapi dengan petugas rapid antigen.

Gubernur Gorontalo, Rusli Habibie didampingi Walikota Marten Taha, Wakil Walikota Rian Kono dan jajarannya, langsung meninjau posko PPKM tersebut, Selasa (03/08/2021). “saya sudah intruksikan pasar yang harus kita jaga ketat Protokol Kesehatannya, karena orang banyak di pasar, kita harus bisa memutus rantai penyebaran Covid-19 di pasar, tetapi harus memastikan pula perekonomian rakyat tetap jalan,” kata Rusli usai peninjauan.

Saat melakukan pemantauan, Gubernur menemukan di posko PPKM Pasar Selasa Pilolodaa sudah dilengkapi dengan petugas rapid test. Setiap masyarakat baik pembeli maupun penjual yang melanggar Protokol Kesehatan, seperti tidak memakai masker, maka langsung di swab antigen di lokasi itu. “posko PPKM harus ada manfaatnya, tadi ada yang tidak pakai masker di swab antigen, satu orang hasilnya positif,” ujar Rusli.

Sehingga itu, Posko PPKM yang dilengkapi tes antigen ini tidak hanya dibangun di pasar-pasar, tetapi juga di tempat- tempat nongkrong malam hari,” tegasnya. Sementara itu terkait perpanjangan PPKM oleh presiden Joko Widodo, Rusli menyebutkan untuk Provinsi Gorontalo PPKM juga diperpanjang. Selain karena keputusan dari pemerintah pusat, juga karena trend kasus positif covid-19 di Gorontalo terus meningkat.

“di Gorontalo ini semua wilayah sudah merah, makanya sekarang kita turun melakukan 3T,” ungkapnya. Rusli juga mengaku sudah diingatkan oleh Mendagri dan Menteri Koordinator Bidang Ekonomi bahwa Gorontalo sudah parah, rumah sakit sedikit, dan sudah hampir penuh. “memang pemberlakuan PPKM berbeda-beda di tiap daerah, karena disesuaikan dengan budaya dan orang-orangnya, kita lakukan dengan humanis,” tuturnya. Selain Pasar Selasa Pilolodaa, peninjauan dilanjutkan di pasar Selasa, Limboto, Kabupaten Gorontalo. (awl)


Komentar