oleh

Presiden Berikan Jempol Untuk Rusli

Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat meninjau pasar
Gubernur Gorontalo Rusli Habibie saat meninjau pasar

Inflasi Gorontalo Terendah Nasional

RadarGorontalo.com - Dibanding daerah lain, Provinsi Gorontalo paling cepat mengendalikan kenaikan harga bahan pokok. Langkah yang dilakukan Gubernur Rusli Habibie, dengan menggelar pasar murah dengan cepat membuat harga-harga terkendali. Dalam Dalam Rakornas Pengendalian Inflasi Daerah yang berlangsung di Hotel Grand Sahid, Kamis (4/8) di Jakarta, Presiden RI Jokowi memberikan apresiasi kepada beberapa daerah termasuk Provinsi Gorontalo.

Dimana Gorontalo menurut Jokowi, mampu menunjukan kinerja baik dalam menjaga kondisi Inflasi. “Apalah artinya pertumbuhan ekonomi yang tinggi, jika kondisi inflasinya tidak terkendali” ungkap Jokowi sebagai penegasan betapa pentingnya menjaga kestabilan harga dan indikator inflasi lainnya, pada Rakornas tersebut. Dalam kesempatan Rakornas pengendalian inflasi daerah tersebut, diberikan penghargaan kepada beberapa daerah yang berprestasi dalam pengendalian inflasi, termasuk Provinsi Gorontalo yang dihadiri diterima oleh Wagub Idris Rahim dan Sekda Provinsi Winarni Monoarfa, yang mendapatkan anugerah terbaik I kategori TPID inovasi wilayah Timur Indonesia. “Hal ini bukanlah pekerjaan mudah karena Provinsi Gorontalo mampu menjaga kestabilan inflasi selang tahun 2016 ini, dan sebagai puncaknya Gorontalo mampu menorehkan capaian inflasi terendah yakni 0,06 persen, pada Juli 2016.

Padahal kita ketahui bersama bahwa pada bulan Juni-Juli adalah kondisi rawan naik inflasi akibat permintaan kebutuhan masyarakat menjelang Ramadhan dan Idul Fitri,” puji Jokowi. Sementara itu, Gubernur Gorontalo Rusli Habibie mengatakan, persoalan inflasi sangat berkaitan dengan banyak hal terutama soal kebijakan yang sebenarnya sederhana. Mengapa saderhana, karena hanya butuh niat keberpihakan kepada rakyat saja. “Selaku Gubernur, saya selalu berpikir sederhana saja bahwa uang dan anggaran APBD maupun APBN yang ada di Gorontalo harus segera dibelanjakan agar segera bisa dinikmati masyarakat, baik manfaat maupun dampaknya terhadap perputaran ekonomi. Bukan hanya itu, kami sebagai pemimpin harus selalu berada di tengah- tengah masyarakat mengawal langsung dan mengevaluasi progresnya,” kata Rusli mengungkap rahasianya tekan inflasi.

Sekda Provinsi Gorontalo selaku Ketua TPID yang hadir mendampingi Wagub Idris Rahim dalam penerimaan anugerah TPID tersebut, menyampaikan bahwa saat Rakornas evaluasi serapan anggaran 3 Agustus di Kupang, Pemprov Gorontalo juga diberikan apresiasi atas capaian peringkat I capaian serapan anggaran dan saat ini diberikan apresiasi lagi atas capaian dalam pengendalian inflasi. Khusus untuk kestabilan inflasi ini, salah satunya terutama dikarenakan intervensi langsung Gubernur melalui operasi pasar.

Dampaknya bukan hanya sekedar menjaga kestabilan harga pasar, tapi memberikan aspek psikologis ketenangan masyarakat bahwa pemerintahan NKRI (Nyata Karya Rusli-Idris), ada dibelakang rakyat, ungkap Prof. Winarni. Karo P2E Dr. Wahyudin Katili, juga menambahkan bahwa ada 2 kategori penghargaan yang diterima Pemprov Gorontalo yaitu: terbaik 1 kategori TPID Inovatif dan terbaik 2 kategori TPID berprestasi. “Selama 3 tahun berturut-turut TPID Provinsi Gorontalo masuk dalam nominator 10 besar TPID terbaik, tapi tahun ini sangat cemerlang bisa masuk predikat 1 dan 2 pada 2 kategori penilaian tersebut. Alhamdulillah, sukses pak gub RH,” tutup Wahyudin. (rg-50)


Jangan Lewatkan

Komentar