oleh

Presiden Jokowi Lantik Roem Kono

-Headline-213 Pengunjung

RGOL.ID, GORONTALO – Putra Gorontalo terus berkarya, baik dikanca nasional maupun internasional.

Salah satunya adalah Drs. Roem Kono, putra kelahiran Gorontalo yang resmi dilantik Presiden Jokowi di Istana Negara Senin (26/10/2020).

Mantan anggota DPR RI dua periode ini dipercayakan sebagai Duta Besar Luar Biasa Berkuasa Penuh (LBBP) untuk Bosnia dan Herzegovina di Sarajevo.

Roem Kono dilantik di Istana Negara bersama dengan 11 duta besar lainnya yang akan ditempatkan di sejumlah negara.

Pelantikan yang disiarkan secara live streaming oleh biro pers dan informasi sekretariat Presiden tersebut dimulai sekitar pulul 09.00 wib dengan standar protokol kesehatan yang cukup ketat.

Presiden didampingi Wakil Presiden dan para duta besar serta pejabat negara memakai masker serta menjaga jarak.

Tak heran, pelantikan tersebut berlangsung lengang, karena yang diundang sangat terbatas.

Pelantikan 12 Dubes LBBP Republik Indonesia berdasarkan Keputusan Presiden nomor 106/P/2020 tentang pengangkatan Dubes LBBP Republik Indonesia.

Adapun sebelum dilantik, 12 Dubes tersebut telah mengikuti uji kelayakan dan kepatutan di DPR sejak beberapa bulan lalu.

Jokowi kemudian memandu pengucapan sumpah jabatan yang diikuti oleh para duta besar.

Salah satu yang dilantik adalah politikus partai Golkar, Roem Kono sebagai Duta Besar untuk Bosnia dan Herzegovina, berkedudukan di Sarajevo.

Saat dihubungi Harian Rakyat Gorontalo Senin pagi, Roem Kono nampak gembira. Roem bahkan lebih dulu menyapa.

“apa kabar Gorontalo,” kata Roem Kono menyapa. Ketika ditanya soal pelantikan, Roem Kono membenarkan beberapa saat lagi akan dilantik sebagai Duta Besar.

Ia pun bersyukur, negara masih mempercayakan dirinya untuk berbakti bagi nusa dan bangsa.

“sebagai warna negara, saya merasa tersanjung karena tenaga dan fikiran saya masih dibutuhkan, untuk itu, saya akan bekerja sebaik mungkin, demi nama bangsa dan negara, termasuk Gorontalo, insyaAllah sebagai duta besar saya masih tetap konsisten membangun negara, dan membangu tanah kelahiran saya Gorontalo,” ujar Roem Kono.

“saya mohon doa restu seluruh rakyat Indonesia, khususnya masyarakat Gorontalo, insyaAllah kita semua diberi kesehatan, dan semangat untuk bangkit di tengah virus corona yang melanda,” tambahnya.

Roem Kono mengakui, setelah pelantikan ini, ia belum langsung berangkat ke Bosnia, tapi masih ada beberapa persiapan. Kemungkinan pertengahan November.

“kita lihat jadwalnya nanti ya,” ujar Roem Kono, sambil mempersiapkan diri menuju Istana Negara.

Roem Kono akan mengantikan Duta Besar Bosnia dan Herzegovina yang dijabat Amelia Achmad Yani yang juga putri Pahlawan Nasional, Jenderal TNI Anumerta Achmad Yani, yang masah tugasnya sudah berakhir. (riel/rg)


Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.