oleh

Prodi Akuntansi UMGO Dampingi Bumdes Ombulo Dalam Pengelolaan Keuangan

Program Studi Akuntansi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) melakukan pendampingan pada Bumdes Tunas Harapan Ombulo Kabupaten Gorontalo dalam hal pengelolaan keuangan, dimana acara penyerahan Pendapatan Asli Daerah berlangsung di Aula Kantor Desa (31/1/2022).

Felmi D. Lantowa, SE, M. Ak selaku dosen yang melakukan pendampingan dalam wawancarai (2/2/2022) menyampaikan bahwa Perguruan Tinggi memiliki peranan strategis dalam memajukan Desa baik dosen maupun mahasiswanya sebagaimana yang tertuang dalam Tri Dharma Perguruan Tinggi yang mencakup Pendidikan dan Pengajaran, Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat,” tegasnya.

Lanjut Felmi D. Lantowa menyampaikan salah satu poin dalam Tri Dharma tersebut adalah pengabdian kepada masyarakat yang bertujuan mengatasi berbagai permasalahan yang ada pada masyarakat yang cukup kompleks sesuai dengan karakteristik tiap masyarakat itu sendiri.

Peranan pengabdian kepada masyarakat dapat dilakukan pihak kampus dengan mengadakan pendampingan Desa guna menggali potensi lokal yang ada di Desa sekaligus membantu Desa dalam hal peningkatan ekonomi sosial dan lingkungan.

Fokus utama dalam pengabdian masyarakat adalah meningkatkan pertumbuhan ekonomi Desa melalui pengelolaan Bumdes yang akuntabel, trasparan, Partisipatif serta dilakukan dengan tertib.

Hal inilah yang mendorong Program studi Akuntansi Universitas Muhammadiyah Gorontalo untuk berperan aktif dalam memajukan Desa melalui penerapan desa binaan dalam pengelolaan Bumdes yang akuntabel, transparan, partisipatif serta dilakukan dengan tertib.

Komitmen ini dapat dilihat dengan sumbangsih perolehan laba Bumdes Tunas Harapan Desa Ombulo di Tahun 2021 untuk pendapatan Asli Desa sebesar RP 23.809.189 dan Bumdes Tunas Harapan merupakan salah satu Bumdes dengan pengelolaan keuangan terbaik di Kabupaten Gorontalo.

Prestasi ini bersumber dari pengelolaan keuangan Bumdes dengan menerapkan prinsip – prinsip akuntansi yang berlaku dan pengelolaan keuangan desa sebagaimana diatur dalam Permendagri nomor 20 tahun 2018 tentang perencanaan, pelaksanaan, penatausahaan, pelaporan, dan pertanggungjawaban sumber organisasi dan penggunaan sumber daya desa dalam meningkatkan perekonomian Desa itu sendiri,” tutupnya.

Hadir dalam penyerahan PADes yaitu Direktur Bumdes, Kepala Desa Ombulo Irfan Eksan SH, BPD , LPM, aparat Desa, Kepala Dusun, Tokoh – Tokoh Masyarakat dan Dosen Pendamping Felmi D. Lantowa. SE, M. Ak.(Jay)


Komentar