Prodi PGSD UMGO Gelar Kuliah Lapangan Pendidikan Karakter

Program Studi Pendidikan Guru Sekolah Dasar (PGSD) Fakultas Keguruan dan Ilmu Pendidikan (FKIP) Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) menggelar kuliah lapangan pendidikan karakter selama 3 hari dari 24 – 26 januari 2022 di dua lokasi yaitu SDN 1 Limboto dan SDN 9 Limboto.

Dr. Irmawati Duko Ishak selaku penanggung jawab kuliah lapangan dalam wawancara (26/1/2022) menyampaikan tujuan kegiatan ini agar mahasiswa memahami bagaimana penerapan penguatan pendidikan karakter di Sekolah dasar,” tegasnya.

Lanjut Dr. Irmawati Duko Ishak menjelaskan bahwa mahasiswa melakukan observasi bagaimana penerapan nilai – nilai pendidikan karakter di dua Sekolah Dasar berbasis karakter di Kabupaten Gorontalo.

Mahasiswa mengamati secara langsung contoh – contoh kegiatan yang mengandung nilai – nilai pendidikan karakter sejak siswa masuk sekolah hingga pulang sekolah, kemudian mahasiswa wajib membuat laporan hasil kegiatan sebagai prasyarat mendapatkan nilai Ujian Akhir Semester (UAS),” ungkapnya.

Kegiatan ini diharapkan dapat menjadi bekal untuk peserta dari mahasiswa PGSD semester 1 yang sedang menempuh Mata Kuliah Pendidikan Karakter dalam menerapkan nilai – nilai karakter kehidupan sehari – hari serta ketika nanti menjadi seorang guru.

Selain itu, kegiatan tidak hanya bermanfaat untuk mahasiswa tapi juga bagi sekolah dalam hal peningkatan hubungan antara sekolah dengan Universitas Muhammadiyah Gorontalo,” tutupnya.

Kegiatan dibuka oleh Dekan FKIP Dr. Abd.Hamid Isa, dihadiri Kaprodi PGSD Yulanti S. Mooduto, M. Pd dan Dosen – Dosen dilingkungan PGSD, disambut baik oleh kepala sekolah SDN 1 Limboto Welfin Tuna, S. Pd, MM dan kepala sekolah SDN 9 Limboto Ibrahim Dambea, S. Pd.(jay)


Jangan Lewatkan

Komentar