oleh

Prodi THP UG Olah Jagung Jadi Es Krim

-Kampus-244 Pengunjung

RGOL.ID – Gorontalo, Program Studi Teknologi Hasil Pertanian (Prodi THP) Fakultas Pertanian Universitas Gorontalo (Faperta UG) membuat olahan pangan berupa jagung menjadi es krim.

Hal ini kemudian dikenalkan kepada masyarakat di Desa Motilango Kecamatan Anggrek, sebagai salah satu program Kuliah Kerja Pengabdian (KKP) di wilayah tersebut. Ketua Program Studi Teknoligi Hasil Pertanian Fakultas Pertanian UG A. Khairun Mutia, STP.,M.Si sebagai pemateri mengaku pengolahan jagung menjadi es krim, merupakan salah satu program dalam rangka memanfaatkan sumber pangan, berupa jagung karena mengingat wilayah khususnya provinsi Gorontalo merupakan salah satu provinsi penghasil jagung tertinggi di Indonesia.

Selain itu, jagung memiliki kandungan gizi yang tinggi sehingga sangat bagus untuk dijadikan sebagai sumber pangan olahan.

“Dengan adanya pelatihan ini juga diharapkan mampu mendorong pertumbuhan usaha kecil dan menengah yang ada di Gorontalo, karena dengan modal yang kecil mampu menghasilkan omzet yang besar,”tutur A. Khairun.

Olehnya dia berharap dengan adanya pelatihan ini, maka selanjutnya pada prakteknya dapat diterapkan oleh masyarakat.

“Antusiasme dari masyarakat semoga tidak hanya saat pelatihan saja sehingga dapat diaplikasikan sebagai suatu usaha yang mampu meningkatkan tingkat ekonomi,” harap Khairun.

Diungkapkan Khairun, salah satu jenis jagung untuk mengolah menjadi es krim adalah jagung manis. Dimana, pengolahan jagung manis saat ini masih sebatas untuk jagung goreng atau rebus.

“Jadi, jagung manis juga dapat diolah menjadi varian baru yaitu menjadi es krim jagung. Tujuan program ini adalah untuk mengetahui cara pembuatan es krim jagung, menciptakan suatu produk baru bidang es krim, dan untuk mengetahui potensi dan peluang bisnis es krim jagung di masyarakat,” pungkasnya.

Kegiatan yang dilaksanakan di Aula Kantor Desa Motilago ini diikuti oleh masyarakat setempat. (tr10)


Komentar