oleh

Prof. Moon Pimpin Monitoring KKD di Desa Ulapato B dan Pilohayanga

-Pendidikan-458 Pengunjung

KAMPUS (RGOL.ID) – Wakil Rektor I Bidang Akademik, Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go), Prof. Moon Hidayati Otoluwa bersama rombongan, Sabtu kemarin (24/4), melakukan monitoring dan evaluasi Kuliah Kerja Dakwah (KKD) angkatan XVII di desa Ulapato B dan Pilohayanga, kabupaten Gorontalo.

Kegiatan ini dilakukan Prof. Moon secara terpisah degan Rektor UM-Go yang juga melakukan hal serupa. Di desa Ulapato B, Prof. Moon memonitoring sekaligus meresmikan apotik hidup yang menjadi karya mahasiswa KKD angkatan XVII.

Sementara di desa Pilohayanga Prof. Moon juga meresmikan hasil karya hidroponik. “Tujuan kami kesini adalah untuk memonitoring sekaligus mengevaluasi kegiatan para mahasiswa KKD di desa ini, apakah mereka benar-benar kerja atau sebaliknya,” ungkap Prof. Moon.

SUASANA monitoring dan evaluasi kegiatan mahasiswa Kuliah Kerja Dakwah (KKD) angkatan XVII, Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go), di desa Ulapato B dan Pilohayanga, kabupaten Gorontalo.

Diluar daripada itu, Prof. Moon meminta beberapa hal yang harus dilakukan mahasiswa KKD disetiap lokasi pengabdian. Diantaranya, harus menunjukan perbedaan antara KKD UM-Go dan Kuliah Kerja Nyata (KKN) yang menjadi pengabdian kampus lain.

“Ciri utama KKD UM-Go adalah penerapan Al-Islam dan Kemuhammadiyahan (AIK). Kalian harus bisa menunjukkan bahwa mahasiswa UM-Go tidak hanya memiliki ilmu, tetapi amaliyah, akhlaqiyah, juga budi pekerti yang baik dan agama yang kuat,” terangnya.

Selain itu, hal lain yang harus ditanamkan kepada peserta KKD adalah kekompakan dan kerjasama saat terjun ke masyarakat, agar semua program yang direncanakan dapat terlaksana dengan baik tanpa adanya kendala.

“Mahasiswa harus meninggalkan suatu karya monumental yang bisa dikenal atau menjadi kenang-kenangan bagi masyarakat dan sebisa mungkin bisa bermanfaat,” tambah Prof. Moon.

Kepada kepala desa setempat, Prof. Moon menitipkan mahasiswanya, untuk bisa belajar berbaur dengan masyarakat, mengatasi permasalahan yang ada di desa dan mengimplementasi ilmu yang mereka peroleh di bangku kuliah.

Terakhir, Prof. Moon meminta kepada para mahasiswa, agar tidak lupa menjalankan misi utamanya, yakni menjaring calon mahasiswa baru (maba) yang ada di desa-desa tempat pengabdian, untuk masuk ke UM-Go dengan berbagai cara. “Buat mereka tertarik dan ingin masuk ke kampus pencerahan ini,” pungkasnya.

Sebagai informasi, rombongan yang turut hadir mendampingi Prof. Moon adalah Wakil Rektor II, Dr. Salahudin Pakaya, S.Ag, MH., BPH UM-Go, Rizan Adam, Dekan Fakultas Sains dan Teknologi (FST), Dr. Talha Dangkua, M.Pd., Dekan Fakultas Ilmu Sosial (FIS), Dr. Trisusanti Lamangida, SE., M.Si., Kepala BKSDAKK UM-Go, Hj. Ramlah Alkatiri, SE.,M.Si., dan dosen pembimbing lapangan. (rg-63)


Komentar