oleh

Puluhan Bebek di Atinggola Mati Mendadak

RGOL.ID, GORONTALO – Para peternak di Desa Kotajin Utara, Kecamatan Atinggola, Kabupaten Gorontalo Utara resah. Pasalnya, banyak ternak bebek piaraan mereka mati mendadak.

Kematian mendadak bebek jenis petelur itu terjadi dalam skala besar. Akibatnya, peternak harus menanggung kerugian yang besar.

Kasus kematian ternak bebek secara mendadak sebenarnya sudah terjadi seminggu terakhir ini. Namun, kasus itu terus meningkat selama dua hari ini.

Bahkan, tersiar kabar, beberapa wilayah di Provinsi Gorontalo pun terjadi hal yang sama. Seperti di wilayah Kabupaten Bone Bolango dan Kabupaten Gorontalo.

Salah satu peternak di Kotajin Utara, Eman Ndebang (33) mengungkapkan, jumlah bebek yang mati mendadak cenderung bertambah tiap harinya.

Ia menyebut, selama dua hari ini, rata – rata ada sekitar 10 ekor bebek yang mati mendadak tiap harinya.Hal ini membuat populasi bebek di wilayah tersebut terus menurun hingga puluhan ekor.

“Total ada sekitar 70 ekor yang mati,” beber Eman.

Bebek yang mati mendadak sebelumnya menunjukkan gejala penyakit tetelo. Beberapa jam kemudian bebek menjadi lemas dan mati.

Penyakit ini menyebar dengan cepat. Tidak hanya di satu lokasi peternakan tapi juga di peternakan lainnya.

“Ini baru pertama kali ternak bebek di sini mati mendadak,” ungkap Eman.

Atas kejadian itu, Eman mengaku, saat ini pihaknya dan Dinas Keswan telah turun melakukan pendataan, guna mencari tahu penyebab kematian.

Dan hingga saat ini, penyebab kematian mendadak puluhan ekor bebek itu masih ditelusuri. (ind_56)

Komentar