abd karim aljufrie

Puluhan Kapal di Gorut Terima Pas Kecil dari KUPP Kelas III Kwandang

Image
Acara penyerahan dokumen Pas Kecil oleh Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Kwandang, dalam agenda Gerai Nasional Pas Kecil tahun 2022. (Foto : 89_rg)

RGOL.ID, GORUT – Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan (KUPP) Kelas III Kwandang gelar Gerai Nasional Pas Kecil tahun 2022 di Aula Terminal Penumpang KUPP Kelas III Kwandang, Jumat (21/10/2022) pagi.

Kegiatan tersebut sekaligus dilakukan pengukuran sejumlah perahu/kapal milik nelayan masyarakat di wilayah Kecamatan Kwandang dan sekitarnya untuk mendapatkan dokumen kapal yang sah (pas kecil) secara gratis.

Di mana, untuk pengukuran sejumlah perahu/kapal telah dilaksanakan, Kamis (20/10/2022) kemarin.

Gerai Nasional Pas Kecil itu dihadiri Kepala Kantor Unit Penyelenggara Pelabuhan Kelas III Kwandang, Faber Panjaitan, Anggota DPRD Gorut dari PKS, Gustam Ismail yang juga selaku Ketua Himpunan Nelayan Seluruh Indonesia (HNSI) Gorut, Kepala Dinas Perhubungan Gorut, Usman Lagarusu, Kepala Dinas Perikanan Kelautan, Isjrak.

Hadir juga Camat Kwandang, Thamrin Monoarfa, Camat Tomilito, Harsono Rahman dan Camat Ponelo Kepulauan, Misran Modanggu serta Danposal Kwandang dan Kapolsek KP3, termasuk pihak dari KPP Pratama Gorontalo.

Kepala Kantor UPP Kelas III Kwandang, Faber Panjaitan menyampaikan bahwa Pas Kecil ini merupakan dokumen yang sah dari negara untuk masyarakat, terutama nelayan atau pemilik kapal.

Diharapkan nelayan dapat memilikinya karena jika ada kecelakaan kapal dalam berlayar, maka yang ditanya adalah dokumen Pas Kecil.

“Karena ini bagian dari dokumen yang harus dimiliki oleh nelayan yang sah. Sehingga kita Kantor UPP Kelas III Kwandang tetap berupaya yang terbaik untuk masyarakat di daerah ini,” kata Faber dalam sambutannya.

Adapun dasar hukumnya yaitu UU nomor 17 tahun 2008 tentang pelayaran, Peraturan Pemerintah (PP) nomor 51 tahun 2002 tentang Perkapalan, Permen Kemenhub nomor 45 tahun 2021 tentang Pengukuran Kapal, Permen Kemenhub nomor 39 tahun 2017 tentang pendaftaran dan Kebangsaan Kapal dan Surat Edaran Dirjen Perhubungan Laut nomor : UM.003/58/9/DJPL-17 tentang penerbitan Pas Kecil, Pas Sungai Dan Danau. Surat Dirjen Perhubungan Laut nomor :UM.006/5/17/DK/2022 yang tertanggal 23 Agustus 2022 tentang Gerai Nasional Pas Kecil.

“Tujuan dari Kegiatan ini adalah, memberikan perlindungan dan kepastian hukum serta menyederhanakan pelayanan khususnya di bidang Surat Tanda Kebangsaan Kapal
Berbendera Indonesia, dokumen kelengkapan untuk berlayar dan keamanan dalam pelayaran, bisa jaminan kredit dalam berusaha, dan mempermudah melakukan pendataan apabila terjadi bahaya di laut,” katanya.

Sementara Ahli Ukur Kapal Kantor UPP Kelas III Kwandang, Syarifudin Ibrahim mengatakan, KUPP Kelas III Kwandang, selaku penyelenggara pelabuhan dan pelaksanaan fungsi regulator ke Pelabuhan Kwandang, dituntut untuk menjamin keselamatan, ketertiban dan keamanan, kelancaran arus lalu lintas kapal, penumpang dan barang.

Bagi kapal yang ukurannya di bawah 7 Gross Ton (GT) harus mempunyai dokumen penting untuk digunakan kepemilikan kapal, surat tanda kepemilikan kebangsaan kapal, dokumen kelengkapan berlayar, keamanan melakukan pelayaran, jaminan kredit usaha serta memberikan kemudahan, jika terjadi bahaya di laut pada saat berlayar.

“Untuk pengukuran kapal, guna mempermudah dan mempercepat program sertifikasi kapal penangkap ikan dan kapal besar tradisional di bawah GT 7 di Gorontalo Utara,” tuturnya.

Ia menyampaikan, terkait pengukuran dan penerbitan Pas Kecil yang diserahkan berjumlah 25 dokumen Pas Kecil yang meliputi Kecamatan Sumalata dan Kecamatan Kwandang.

“Hingga saat ini, total keseluruhan Pas Kecil yang sudah diterbitkan Kantor UPP Kelas III Kwandang berjumlah 285 Dokumen Pas Kecil,” ungkap pria yang biasa disapa Becky itu.

Di kesempatan yang sama, Camat Kwandang, Thamrin Monoarfa memberikan apresiasi kepada Kepala Kantor UPP Kelas III Kwandang dan jajaran yang telah melaksanakan Gerai Nasional Pas Kecil.

“Semoga ini kapal dan perahu di wilayah Kwandang khususnya bisa terinput dalam kegiatan Gerai Nasional Pas Kecil yang dilaksanakan oleh Kantor UPP Kelas III Kwandang. Agar mereka bisa mendapat dokumen yang sah dalam melakukan operasi pelayaran di laut, bisa nyaman,” harapnya.

Harapan yang sama juga disampaikan Kadis Perhubungan Gorut, Usman Lagarusu dan Ketua HNSI Gorut, Gustam Ismail. (ind-56)

Bagikan berita

Tinggalkan Komentar

0 0 votes
Article Rating
Subscribe
Notify of
guest
0 Comments
Inline Feedbacks
View all comments

mUNGKIN ANDA LEWATKAN