oleh

Puluhan Tahun Terisolir, 3 Desa di Atinggola Akhirnya Nikmati Jaringan 4G

RGOL.ID, GORONTALO – Puluhan tahun terisolir dari jaringan internet.

Kini, 3 (tiga) desa di Kecamatan Atinggola, masing-masing Desa Tombulilato, Buata dan Posono, sudah bisa menikmati jaringan 4G.

Terhitung, sudah sepekan terakhir ini, warga masyarakat di tiga desa tersebut, mulai berselancar asyik di dunia maya.

Tak tanggung-tanggung, beberapa diantaranya langsung membuat postingan di media sosial, keindahan pemandangan alam desa yang masih asri.

Ada juga diantaranya yang memposting aktifitas keseharian mereka selama ini, yang mungkin jarang dan bahkan tak pernah terekspos dunia luar.

Seperti diketahui, masuknya jaringan internet 4G di tiga desa tersebut, karena saat ini telah dibangun tower Base Transceiver Station (BTS) jaringan telekomunikasi, bantuan dari Badan Aksesibilitas Telekomunikasi dan Informasi (BAKTI) Kementerian Komunikasi dan Informatika (Kemkominfo) kepada Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara (Pemkab Gorut).

Di mana, tahun ini, Pemkab Gorut mendapat bantuan 3 buah tower. 1 buah tower ditempatkan di Kecamatan Atinggola dan 2 buah tower di Kecamatan Tolinggula.

Diwawancarai, Minggu (15/03/2020), Bupati Gorut, Indra Yasin, mengaku bersyukur atas dibangunnya tower jaringan internet di tiga desa tersebut. “Ini mempermudah masyarakat sudah beroleh jaringan telekomunikasi.

Sehingga, apa yang menjadi harapan masyarakat ini, bisa berkomunikasi dengan masyarakat lainnya, akhir sudah terwujud,” ujar Indra.

“Mudah-mudahan ini bisa bermanfaat bagi masyarakat di tiga desa tersebut, khususnya di Desa Tombulilato, karena mereka sudah bisa mendapatkan informasi-informasi, dari berbagai sumber informasi, terutama informasi pelaksanaan pembangunan dan informasi-informasi lainnya, yang tentu sangat berharga dan bermanfaat bagi masyarakat.

Apalagi, selama ini mereka sudah sabar menunggu, sehingga sudah saatnya mereka menikmati,” harap Indra.

Tak jauh beda dengan pernyataan Bupati Indra, Camat Atinggola, Hartono Detuage yang dihubungi via telepon seluler, juga mengaku bersyukur atas jaringan internet yang sudah bisa dinikmati masyarakat di tiga desa tersebut.

Meski belum sepenuhnya menjangkau semua wilayah di tiga desa tersebut. Namun, Hartono mengatakan, paling tidak saat ini sudah sebagian besar warga yang menikmati jaringan internet, dibanding puluhan tahun lalu, saat jaringan internet sama sekali tidak bisa dinikmati dengan baik.

“Harapan kami, insya Allah tempat-tempat masyarakat yang belum terjangkau oleh jaringan internet bisa akan terjangkau kedepan.

Karena, tentunya jaringan internet ini sangat dibutuhakn masyarakat untuk berkomunikasi dan lain sebagainya,” tandasnya.

Rencananya, dalam waktu dekat ini, tower BTS tersebut akan segera diresmikan oleh Bupati Gorut, Indra Yasin. (ind-56)


Komentar