RGOL.ID, GORONTALO – Bertabur Anugerah Health Award, Perayaan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-59 tahun 2023 tingkat Kabupaten Gorontalo sukses terselenggara dengan baik Minggu (10/12/2023) di GOR David-Tony Limboto.

Acara tersebut begitu antusias dihadiri oleh segenap tenaga kesehatan mulai dari puskesmas, kader kesehatan di Kecamatan dan desa yang diwarnai pemberian 59 anugrah Health Award dari semua kategori kesehatan.

Tidak hanya insan kesehatan, penganugerahan Health Award juga banyak diberikan kepada masyarakat, lembaga, dan seluruh Kader Kesehatan di Kecamatan maupun desa.

Hal ini sebagai bentuk apresiasi Pemerintah Daerah khususnya Dinas Kesehatan untuk keterlibatan semua pihak dalam pembangunan kesehatan di Kabupaten Gorontalo.

Bupati Gorontalo Prof. Nelson Pomalingo mengapresiasi, kinerja tenaga kesehatan hal ini terlihat dari angka Indeks Pembangunan Manusia (IPM) Kabupaten Gorontalo Tahun 2023 70,37.

Salah satu indikator utama IPM Kabupaten Gorontalo bidang kesehatan, mengalami peningkatan yang signifikan usia harapan hidup terus naik, angka kematian ibu dan anak menurun, sistem, pelayanan serta akreditasi,” ungkap Nelson.

“Seiring dengan program unggulan Kabupaten Gorontalo di bidang kesehatan tejadi peningkatan pemerintah daerah terus mendorong infrastruktur, sarana prasarana maupun sumber daya manusia,” ungkap Nelson.

Dirinya juga bangga pelayanan ini tidak hanya dilakukan tenaga kesehatan, namun  terdapat partisipasi Camat, Kades/Lurah maupun masyarakat dan lintas sektor lainnya.

“Sehingga partisipasi ini perlu di dorong  melalui pola Gerakan Masyarakat Hidup Sehat (Germas) untuk dilakukan, dalam menjaga kesehatan pasca Covid-19 dan perubahan iklim,” imbuhnya.

Untuk itu seluruh tenaga kesehatan baik itu, yang berada di rumah sakit maupun puskesmas agar pelayanan agar melayani masyarakat lebih profesional.

Sebab banyak permasalahan terjadi seperti beberapa hari yang lalu agar tidak terulang, karena merupakan Standar Pelayanan Minimal (SPM) pemerintah daerah wajib diperoleh masyarakat di bidang kesehatan dan pendidikan,” tegas Nelson.

Sementara itu, Kadis Kesehatan Ismail Akase, M.Kes peringatan HKN 2023  mengangkat tema Transformasi Kesehatan Menuju Indonesia Sehat.

“Untuk melakukan transformasi kesehatan kesehatan mencakup 6 pilar diantaranya  Layanan Primer, Rujukan, Sistem Ketahanan Kesehatan, Pembiayaan, SDM, dan Teknologi Kesehatan,” ujar Ismail.

Terhadap pelayanan kesehatan ke depan lebih dimaksimalkan terutama dari segi sdm untuk melayani sesuai Standar Operasional Prosedur (SOP) yang ditetapkan.

“Seluruh puskesmas di Kabupaten Gorontalo programnya diselaraskan, maka 12 indikator SPM wajib dilaksanakan sesuai target yang dicapai sampai 100%,” jelasnya.

Disisi lain untuk target di tahun ini dari 21 puskesmas insya sudah mendapat  predikat Akderitasi Paripurna maka peningkatan mutu akan lebih baik.

“Dari sekian puskesmas, baru 7 puskesmas yang meraih predikat Paripurna diantaranya. Limboto Barat, Telaga Biru, Dungaliyo, Batudaa Pantai, Bongomeme, Bilato. Tersisa 3 akan dilakukan penilaian pada Minggu depan lainnya tinggal menunggu hasil penilaian,” tandas Ismail Akase.

Sebagai informasi, Anugerah Health Award yang diberikan sejumlah 59 terdiri dari kategori lembaga, Kecamatan, desa dan kader-kader Kesehatan se-Kabupaten Gorontalo. (*)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.