oleh

Punya Sapi atau Jalan Bagus ?

ilustrasi (Anwar/RG)
ilustrasi (Anwar/RG)

RadarGorontalo.com – “Untuk apa jalan bagus kalau rakyatnya sangat susah”. Begitu kata Bupati Gorontalo, Nelson Pomalingo. Karena itu Bupati ke 7 ini, akan sangat fokus membangun desa dengan dua lumbung. Lumbung pertama adalah padi jagung dan lumbung kedua adalah ternak. Dan Kabupaten Gorontalo tidak hanya melakukan budidaya tetapi juga harus ada industrinya.

“Kabgor harus menjadi daerah Kedaulatan Pangan,”tegas Bupati dengan wajah berseri – seri. Maka, pertama yang harus dilakukan adalah mengajak rakyat untuk berternak sapi. “Rakyat mau berternak, tetapi apa yang akan mereka ternak kalau tak punya sapi,” kilahnya. Makanya kata Bupati, APBD Kabgor akan digunakan untuk membantu rakyat untuk berternak sapi dan kambing.

Menurut Nelson, APBD Kabgor akan diarahkan untuk perternakan. Jalan – jalan desa tak perlu mulus – mulus amat. Bisa dilalui sudah bagus yang utama adalah ekonomi masyarakat. Jika pertenakan desa berhasil maka, rakyat punya duit. “Kalau rakyat punya penghasilan yang bagus, maka PAD akan tumbuh dan Pemda akan mampu membangun jalan yang lebih bagus, makanya yang lebih dulu dilakukan ada menggairahkan perekonomian rakyat,” katanya.

Bupati sangat yakin, bisnis sapi sangat menjanjikan, bukan saja dalam negeri, tapi luar negeri. Negara – negara Islam pasti akan suka daging sapi dari Indonesia yang sudah pasti 1000 persen Halal. Bupati mengatakan pembangunan itu ada di desa – desa. Makanya Camat Kepala Desa harus tahu betul berapa besa dana yang beredar diwilayahnya, berapa jumlahnya dan untuk apa itu, lalu harus tahu juga dari dinas apa saja.  Pokoknya Kabgor benar – benar akan menjadi lumbung pangan, perternakan akan dikembangkan pertanian akan digenjot. Sayur – sayuran akan digalakkan dibeberapa kawasan. Sehingga Kabgor akan mampu mensuplai sayur – sayuran untuk Provinsi Gorontalo. Bupati juga mengatakan, Pemkab akan menjamin pinjaman petani di bank. “Kita akan bantu rakyat dengan KUR yang besarnya Rp. 25 juta per orang,” katanya. (rg-54)


Jangan Lewatkan

Komentar