oleh

Pusat Perbelanjaan Ramai, Kapolda: Tegakkan Protkes

-Gorontalo-101 Pengunjung

RGOL.ID, GORONTALO – Meningkatnya aktifitas kegiatan masyarakat jelang Hari Raya Idul Fitri 1442 Hijriyah terutama di pusat-pusat perbelanjaan di Kota Gorontalo mendapat perhatian dari Kapolda Gorontalo, Irjen Pol. Dr. Akhmad Wiyagus, khususnya dalam hal penerapan protokol kesehatan.

Hal ini ditegaskan Kapolda Gorontalo saat menggelar analisa dan evaluasi (Anev) Mingguan yang dilaksanakan di ruang Video Conference yang diikuti Wakapolda, Irwasda, para PJU dan Para Kapolres, Selasa (10/5/2021).

“pasar senggol dalam rapat Forkopimda sudah diputuskan untuk ditiadakan, namun saat ini yang menjadi sasaran warga adalah pusat-pusat perbelanjaan sehingga menimbulkan lonjakan pengunjung, saya minta para Kapolres agar terus melakukan koordinasi dengan Pemda bersama TNI untuk terus menegakkan disiplin Protkes kepada masyarakat, termasuk kepada para pemilik usaha agar menerapkan Protkes di lingkungannya, membatasi jumlah pengunjung dan mengkampanyekan 3M, jangan sampai kendor,” tegas Wiyagus.

Kapolda juga menyinggung soal pengamanan perbatasan dalam mencegah arus mudik lebaran 2021, dimana menurutnya sudah menjadi kebijakan pemerintah dalam memutus mata rantai penyebaran Covid-19, sehingga harus di dukung oleh seluruh pihak.

“larangan mudik sudah menjadi kebijakan pemerintah untuk menekan laju penyebaran Covid-19, maka dari itu harus di dukung oleh semua pihak, berikan pemahaman dan edukasi kepada masyarakat bahwa keselamatan masyarakat adalah hukum tertinggi, kebijakan yang diambil semata-mata adalah untuk menyelamatkan masyarakat dari sebaran Covid-19,” ujar Wiyagus.

Sementara itu, Kabid Humas Polda Gorontalo, Kombes Pol Wahyu Tri Cahyono, mengatakan bahwa dibeberapa ruas jalan di kota Gorontalo terpantau terjadi kepadatan, namun demikian personel Polri, baik Polres dan Polda telah mengurai kemacetan lalu lintas dan juga mencegah terjadinya kerumunan.

“rekayasa lalu lintas telah dilakukan oleh Polres Gorontalo Kota guna mengurangi kepadatan, selain itu beberapa lokasi yang berpotensi terjadi kepadatan telah ditempatkan personel, jikalau perjalanan masyarakat sedikit terhambat agar dimaklumi, dan silakan ikuti petunjuk yang diberikan oleh petugas keamanan yang ada di jalan,” kata Wahyu.

Kabid Humas juga menghimbau agar setiap aktifitas tetap mempedomani Protokol Kesehatan mulai rajin mencuci tangan, memakai masker, dan tetap jaga jarak, hindari kerumunan, jangan pernah menganggap remeh Covid-19. (awl)


Komentar