oleh

Puskesmas Kwandang Ditutup Sementara, Begini Penjelasan Kadis Kesehatan

RGOL.ID, GORONTALO – Terhitung sejak 3 Februari 2021 lalu, Puskesmas Kwandang ditutup sementara. Dikabarkan 11 tenaga kesehatan (nakes) di puskesmas tersebut terkonfirmasi positif Covid-19.

Kepala Dinas Kesehatan Gorontalo Utara (Dikes Gorut), Rizal Yusuf Kune, saat dikonfirmasi via telepon seluler membenarkan kabar tersebut.

“Iya benar, untuk sementara kita tutup dari tanggal 3 Februari sampai 13 Februari 2021,” ungkap Rizal dari balik telepon selulernya, Selasa (09/02/2021).

Dikatakan Rizal, awalnya, 11 nakes tersebut menunjukkan gejala yang sama, yakni batuk, flu dan panas. Dan setelah di Swab PCR mereka dinyatakan positif.

“Mereka diswab PCR tanggal 1 Februari dan hasilnya keluar pada 2 Februari 2021,” kata Rizal.

Kini, 11 nakes tersebut tengah menjalani masa isolasi di puskesmas tersebut. Sementara tracking yang dilakukan terhadap 22 nakes lainnya, saat ini, masih menunggu hasil.

“Insya Allah hari ini hasil swab terhadap 22 nakes tersebut akan diketahui,” imbuhnya.

Sementata untuk tetap memberikan pelayanan kesehatan kepada masyarakat, sembari menghindari terjadinya penyebaran, Rizal mengatakan, maka, pelayanan dialihkan sementara ke Puskesmas Molingkapoto dan Rumah Sakit ZUS.

“Dan itu sudah berkoordinasi dengan Ketua Satgas. Dan oleh ketua satgas sudah dikoordinasikan dengan camat dan kepala desa, alhamdulilah bisa diterima,” tandasnya. (ind-56)


Komentar