oleh

Rakyat Bone Bolango Inginkan Hamim Pou Jadi Gubernur

RGOL.ID, GORONTALO – Rakyat Bone Bolango berkeinginan Hamim Pou dapat menjadi Gubernur Gorontalo setelah masa jabatan sebagai Bupati berakhir. Hal ini terungkap dalam survei yang digelar Barometer Timur pada bulan Maret 2022.

“dalam jajak pendapat yang kami lakukan terungkap mayoritas warga Bone Bolango menginginkan Hamim Pou menjadi Gubernur Gorontalo,” ungkap Dr. La Ode Aman, Direktur Eksekutif Barometer Timur, kemarin.

Dikemukakan, dua teknik pengumpulan pendapat publik tentang elektabilitas figur-figur bakal calon Gubernur Gorontalo yaitu melalui pertanyaan terbuka maupun pertanyaan tertutup. Dari dua teknik itu, nama Hamim Pou selalu berada diposisi teratas dibanding nama lainnya.

“ketika kami menggali seperti apa top of mind warga Bone Bolango tentang nama sosok Gubernur yang diinginkan oleh mereka, nama Hamim adalah yang teratas,” papar La Ode.

Bupati Kabupaten Bone Bolango, Hamim Pou pada kegiatan Hari Anak Yatim

Ketika ditanyakan dalam bentuk pertanyaan tertutup yaitu disodorkan daftar nama-nama bakal calon Gubernur juga menunjukan trend yang hampir sama, walaupun dalam presentase yang berbeda.

La Ode tidak mengungkap lebih lanjut siapa saja tokoh-tokoh yang dimunculkan dalam survei mereka.

Namun dikatakan hampir semua tokoh yang mengemuka di publik Gorontalo selama ini sebagai kandidat Gubernur dimunculkan dalam survei tersebut, terutama pada kriteria pimpinan partai politik dan jabatan publik seperti kepala daerah, wakil kepala daerah, anggota legislatif, serta pejabat pemerintah pusat dan daerah.

“ada dua puluh satu nama yang kami sodorkan melalui pertanyaan tertutup,” ungkapnya.

Survei yang digelar Barometer Timur tersebut dilakukan melalui wawancara langsung responden oleh enumerator dengan menggunakan pedoman wawancara tertutup dan terbuka.

Sebanyak 700 responden telah wawancarai yang tersebar proporsional pada setiap kecamatan dari 18 kecamatan di Bone Bolango. Survei dilaksanakan pada tingkat kepercayaan 95% dengan margin of errors +/- 4%.

Sementara itu, Hamim Pou yang dihubungi terpisah mengatakan dirinya kaget juga dengan hasil survei Barometer Timur tersebut. Sebab, sampai saat ini dirinya belum pernah menyatakan keinginan untuk menjadi calon Gubernur.

“saya ini belum pernah bicara akan mencalonkan diri, atau menyatakan keinginan menjadi calon Gubernur, jadi kaget juga mendengar hasil survei seperti itu,” ujar Ketua DPW Partai Nasdem Provinsi Gorontalo itu.

Bupati Kabupaten Bone Bolango, Hamim Pou saat menyerahkan Bantuan Langsung Tunai kepada masyarakat kurang mampu

Yang menggembirakan bagi Hamim dengan temuan survei ini adalah bahwa dukungan warga Bone Bolango kepada dirinya untuk jabatan Gubernur, menunjukan apresiasi rakyatnya atas pemerintahan dan kepemimpinannya selama tiga periode yaitu satu periode wakil bupati, dan dua periode sebagai bupati.

“yang terpenting bagi saya adalah bagaimana dalam waktu masih tersisa sebagai bupati ini terus memaksimalkan kerja-kerja melayani rakyat saya,” ujar mantan wartawan ini.

Kapasitas politik Hamim Pou memang tidak perlu diragukan lagi. Periode pertama sebagai wakil bupati maju melalui jalur independen, dan terpilih. Periode kedua maju melalui partai politik.

Partai-partai politik yang disupport oleh Hamim pada periode pertama sebagai bupati langsung menunjukan perolehan suara dan kursi yang signifikan di DPRD Bone Bolango maupun DPRD Provinsi Gorontalo.

Pada periode kedua sebagai bupati, Hamim sudah dalam kapasitas sebagai Ketua DPW Nasdem Provinsi Gorontalo menunjukan hasil yang lebih baik lagi.

Partai Nasdem berhasil unggul dari semula nol kursi menjadi 6 kursi, dan karena itu Nasdem merebut kursi Ketua DPRD Bone Bolango.

DPRD Provinsi Gorontalo juga demikian, dari nol kursi menjadi 6 kursi sehingga salah satu posisi wakil ketua Deprov ada di tangan Nasdem.

Dari 6 kursi Nasdem di DPRD Provinsi, Dapil Bone Bolango mendudukkan dua wakilnya. (LaAwal-46)


Jangan Lewatkan

Komentar