oleh

Rekapitulasi Perhitungan Suara Di Pilkada 2020, KPU Gunakan SiRekap

POHUWATO (RGOL)- Waktu pencoblosan untuk pemilihan kepala daerah (Pilkada ) tahun 2020 semakin dekat. Karena itu Komisi Pemilihan Umum (KPU) Kabupaten Pohuwato terus mengoptimalkan pelaksanaan Pilkada yang akan digelar 9 Desember 2020 tersebut.

Salah satu yang mulai di optimalkan oleh KPU Pohuwato yaitu ihwal mekanisme penghitungan suara yang akan menggunakan aplikasi rekapitulasi secara elektronik (siRekap) untuk digunakan pada tingkat Tempat Pemungutan Suara (TPS) dalam pemilihan serentak tahun 2020.

Hal ini pun telah di uji cobakan oleh KPU RI bersama 341 daerah peserta Pemilihan Serentak tahun 2020. Sabtu (24/10) pekan kemarin.

Ketua KPU Rinto W. Ali mengatakan sistem tersebut merupakan lanjutan dari Sistem Informasi Penghitungan Suara atau Situng KPU. Aplikasi ini kata Rinto bertujuan untuk keterbukaan informasi sehingga publik bisa mengontrol hasil di setiap TPS. Disamping itu Penggunaan teknologi informasi siRekap ini menurut Rinto penting untuk menjadikan pemilu transparan serta efektif dan efisien.

Komentar