Rekayasa Lalulintas di Bulan Puasa

ilustrasi (istimewa)

RadarGorontalo.com – 30 hari lagi, umat Islam akan memasuki bulan Ramadhan. Pihak kepolsian khusunsya di Polres Gorontalo Kota, mulai mengantisipasi titik-titik keramaian. Satlantas pun, mulai mempersiapkan pengalihan arus kendaraan, untuk meminimalisir terjadinya kosentrasi kendaraan dalam jumlah besar di satu titik, hingga mengakibatkan kemacetan.

Kepala Satlantas Polres Gorontalo Kota AKP Roni Barli Ibrahim, ia memprediksikan ada beberapa titik jalur rawan macet di Ramadhan nanti. Terutama di jalur Jalan Eks Agussalim sekarang Jalan HB Djasin, tepat di pertokoan Makro dan sekitarnya.

“Pengalihan jalur lintas ini, pastikan akan kami bicarakan dalam forum dengan stakeholder, termasuk Pemerintah Kota (Pemkot) Gorontalo. Dan khusus di tahun ini, kemungkinan besar kami akan melakukan giat yang bisa disebut berkelanjutan. Yakni selain melakukan operasi rutin, di awal Bulan Mei nanti kami akan menggelar Operasi Patuh. Dan kemungkinan besar operasi itu, akan berlanjut pada operasi lalulintas jelang Ramadhan,” ungkap Roni, ketika ditemui Selasa (25/04) kemarin di ruang kerjanya.

Kemudian dampak positif dari pengalihan jalur ini, selain membuat tidak terjadinya macet juga dapat menekan angka kecelakaan lalulintas. Apalagi di Bulan Ramadhan tidak hanya satu kegiatan yang digelar masyarakat. Seperti pasar senggol, Sholat Tarawe keliling dan konvoi kendaraan yang sering dilakukan anak muda dibawah umur. “Bahkan rawan terjadinya balapan liar di jalur Protokol,” ungkapnya.

Penertiban jalur lalulintas ini tambah Kasat, juga diterapkan terhadap pengendara kendaraan besar yaitu, Truk Kontainer yang sering melintasi Jalan Cokroaminoto. Dan penertibannya nantinya akan melibatkan unsur dari Dinas Perhubungan (Dishub) Kota Gorontalo, untuk mengecek langsung waktu jalur lintas khusus kendaraan itu. “Dalam pengamanan jalur lintas dan pengalihan jalur ini, kami tetap meindaki bagi pengendara yang melanggar lalulintas. Terlebih jika ada yang menerobos jalur yang sudah diatur sedemikian rupa oleh petugas. Dan kami pastinya, akan menempatkan sejumlah pos penjgahan di beberapa titik yang dikategorikan rawan macet dan laka lantas,” tutur Kasat.(rg-62)

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *

This site uses Akismet to reduce spam. Learn how your comment data is processed.