oleh

Rektor UMGO : 4 Hal Terpenting Dalam Kurikulum

-Pendidikan-254 Pengunjung

KAMPUS (RAGOL.ID) – Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UM-Go), Rabu kemarin (3/3), melaksanakan kegiatan Lokakarya Kurikulum Merdeka Belajar-Kampus Merdeka (KMB-KM)

Perangkat Pembelajaran dan Program Pembinaan Al-Islam Kemuhammadiyahan (AIK), di gedung serbaguna David Bobihue Akieb. Kegiatan ini akan dilaksanakan selama dua (2) hari, hingga Jum’at (hari ini), 5 Maret 2021.

Dalam arahannya, Rektor UM-Go, Prof. Abd. Kadim Masaong, M.Pd menjelaskan, bahwa ada empat (4) hal yang terpenting dalam menyusun kurikulum. Pertama, learning outcome (LO).

“Kalau dia sarjana, mau jadi apa nantinya. Itu yang harus dicapai dan harus dirumuskan dengan baik. Karena LO itu membicarakan masa depan, maka diharapkan kepada seluruh dosen untuk mengikuti lokakarya ini dengan baik,” ungkap Prof. Kadim.

Baginya, dosen akan bertanggungjawab penuh atas kurikulum ini. “Jangan menganggap tanggungjawab kurikulum itu ada pada prodi, sehingga dosen asal-asalan mengajar.

Prodi hanya mendesain kurikulum dalam bentuk strukturnya, mata kuliahnya, sementara dosen adalah yang mendesain kurikulum itu sampai ke mahasiswa,” terangnya.

Kedua, capaian perkuliahan atau tujuan mata kuliah. Selurh dosen yang mengajar harus jelas apa tujuannya. “Saya sering mengatakan, bahwa kita ini adalah arsitek masa depan anak.

Semua ini harus dituangkan dalam tujuan dalam mata kuliah. Kalau tujuannya hanya mengidentifikasi, menjelaskan, membedakan, mengartikan, maka kita hanya merancang masa depan anak-anak itu sebagai ahli menghafal.

Maka dalam kesempatan ini, kita perlu samakan dan perkuat persepsi kita dalam lokakarya ini, untuk kita bisa maju dalam mengajar dengan baik,” tambahnya menjelaskan.

Ketiga, media pembelajaran. Saat ini, media pembelajaran telah dibagi menjadi 2 metode, yakni dalam jaringan (Daring) dan luar jaringan (Luring). Bagaimana cara mendesain ini.


Komentar