oleh

Rektor UMGO : Perpustakaan Harus Edukatif dan Rekreatif

Rektor Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) Prof. Dr. Abdul Kadim Masaong M.Pd., menerima kehormatan sebagai narasumber pada kegiatan yang diinisiasi oleh Perpustakaan Nasional dan Pemerintah Kabupaten Gorontalo Utara, Selasa (22/02/2022).

Dalam sambutannya, Abdul Kadim menekankan tentang strategi meningkatkan indeks literasi dikalangan masyarakat, terutama anak muda.

“Masyarakat sudah punya minat baca, seperti baca Facebook atau Whatsapp, namun sayangnya daya tahan bacanya rendah, coba saja kasih buku, satu jam saja sudah mengantuk” ucap Kadim.

Oleh karena itu menurut Kadim perpustakaan perlu bertransformasi menjadi sesuatu yang menyenangkan. Aspek edukatif dan rekreatif harus diperhatikan sehingga terjadi perubahan paradigma terhadap perpustakaan, yang bukan hanya sekedar tempat membaca melainkan juga tempat belajar dan melepas lelah.

“Selama ini kan kita melihat, perpustakaan biasanya terletak di sudut-sudut bangunan, nah jangan lagi seperti itu.” tambah Rektor UMGO itu.

Segala aspek, lanjutnya harus dibenahi baik dari segi infrastruktur, pengelolaan maupun koleksi buku-buku. “Kita sering mengedepankan sisi edukatif, tapi lupa bagaimana dengan sisi rekreatif, kita harus membuat orang betah misalnya melengkapi perpustakaan dengan Wi-Fi, Kantin, tempat ibadah dan juga tempat beristirahat” ujarnya.

Sebagai bukti nyata, meningkatkan indeks literasi di Kabupaten Gorontalo Utara, Kadim pun tak sungkan-sungkan untuk menyumbangkan bukunya. (hms)


Jangan Lewatkan

Komentar