Rektor UMGO Tantang Pemda Gorut Untuk Bekerja Sama Membangun Sistem Informasi Desa

RGOL.ID – Universitas Muhammadiyah Gorontalo (UMGO) melaksanakan penandatanganan Memorandum of Understanding (MoU) dengan Pemerintah Daerah Kabupaten Gorontalo Utara di Rumah Dinas Bupati, Kwandang (10/8/2022).

Rektor UMGO Prof. Dr. Abd. Kadim Masaong menyampaikan selamat kepada bapak Thariq Modanggu, S. Ag, M. PdI yang dulunya sebagai Wakil Bupati dan sekarang sudah menjadi Bupati definitif sisa masa jabatan 2022 – 2023, ” saya kenal pak bupati sebagai akademisi, dulu beliau mahasiswa saya dosen, sekarang saya Rektor beliau Bupati,” ucapnya.

Lanjut Prof Kadim menyampaikan kedatangan kami untuk melanjutkan perpanjangan MoU 2022 – 2027 terkait Pendidikan, Penelitian dan Pengabdian Masyarakat serta akan dilanjutkan penandatanganan MOA dari LPPM, Dekan, Kaprodi dengan OPD yang terkait di Pemda Gorut.

Dengan dinas pendidikan akan kerjasama dengan Prodi Sistem Informasi, dimana tenaga – tenaga IT di sekolah akan di fasilitasi dan dilatih oleh Sistem Informasi UMGO dan sebanyak 20 orang akan menjadi mahasiswa

“Pak Bupati ini saya tahu suka yang menantang, maka saya juga menantang beliau, dimana saya ada pemikiran, karena kami punya jurusan Bisnis Digital, Sistem Informasi dan Ilmu Komputer, ketiga Prodi ini dan ditambah Prodi Akuntansi menjadi team work dan siap bermitra dengan Pemda.

Saya menawarkan agar bidang kami dimanfaatkan di daerah terutama di Desa, mungkin kampus akan berperan membangun desa lewat Aplikasi untuk memasarkan seluruh potensinya lewat digital, dan Aplikasi itu bisa gratis dan tugas Pemerintah Desa juga menfasilitasi mahasiswa kami yang KKN di Desa tersebut, ini simbiosis mutualisme antara Kampus dengan Desa,” tutupnya.

Bupati Gorut Thariq Modanggu, S. Ag, M. PdI menyampaikan bahwa Rektor UMGO adalah Dosen saya di Kampus, banyak inspirasi terkait pendidikan saya dapatkan dari beliau,” saya mahasiswa beliau Dosen, sekarang beliau Rektor saya Bupati, jadi banyak unpredictable dalam kehidupan ini,” ucapnya.

Lanjut Thariq Modanggu menyampaikan soal MoU saya pasti sangat setuju, termasuk membangun sistem informasi, karena kami juga lagi mendorong 5 ribu UMKM tumbuh dan berkembang di Gorut, dan ini membutuhkan pihak ketiga termasuk support dari Kampus.

Kami Siap bentuk team untuk mematangkan ide itu, karena kami siap berkolaborasi, ” Hari ini kami siap tanda tangan MoU dan tanggal 23 Agustus nanti, saya akan kumpulkan OPD di Biau dan semoga Program ini bisa dilaunching disana bersama UMGO ,” tutupnya.

Hadir dalam Penandatangan MoU dari UMGO yaitu Rektor Prof. Dr. Abd. Kadim Masaong, Wakil Rektor III Dr. Apris Ara Tilome, Kepala Biro BKSDAKK Hj. Ramlah Alkatiri, M. Si, Ketua LPPM Indri Afriyani Yasin, P. hD, Kepala Pusat Penelitian Gilang Ramadhan, M. Pd, Dekan FSIK Dr. Talha Dangkua, M. Pd, Dekan Psikologi Salahudin Liputo, M. Psi, Kaprodi Sistem Informasi Wahyudin Hasyim, M. Kom, Kaprodi Sastra Inggris Dahlia Husain, M. Hum, dan dari Pemda Gorut Bupati Gorut Thariq Modanggu didampingi Kadis Pendidikan Irwan A. Usman, M. Pd.(Hms)


Jangan Lewatkan

Komentar