oleh

Ribuan Warga Serbu Kabupaten Gorontalo

Kemacetan Di Kabupaten Gorontalo Pada Saat Perayaan Lebaran Ketupat (Foto : FB/Herlyna Ali)
Kemacetan Di Kabupaten Gorontalo Pada Saat Perayaan Lebaran Ketupat (Foto : FB/Herlyna Ali)

RadarGorontalo.com – Ribuan warga memadati sejumlah titik di Kabgor untuk merayakan Lebaran Ketupat, yakni tradisi budaya di Gorontalo yang dilaksanakan sepekan setelah Hari Raya Idul Fitri.

Bahkan sejumlah titik yang menjadi tujuan warga untuk merayakan Lebaran Ketupat yakni di Jalan Yosonegoro, Hutabuho, Kaliyoso, Reksenogoro, Isimu serta sejumlah kecamatan lainnya menjadi titik dan tujuan warga.

Dari pantuan Radar Gorontalo, sejak Selasa (12/7), jalan menuju pusat perayaan ketupat, seperti di Kecamatan Limboto Barat dan Bongomeme mulai macet dipadati kendaraan bermotor baik roda dua, roda empat, serta bentor.

Untuk merayakannya, masyarakat etnis Jaton dan warga sekitar menyiapkan menu khas yakni, ketupat, dodol, dan nasi bulu atau nasi bambu. ”Kami merayakan lebaran ketupat ini sejak lama,” kata Herman Nurkamiden warga di Desa Kaliyoso Kecamatan Bongomeme.

Setiap kepala rumah tangga di wilayah mereka tak pernah ketinggalan merayakan lebaran ketupat tersebut. ”Ini sudah menjadi tradisi. Setiap rumah warga menyiapkan makanan untuk menyambut tamu-tamu atau kerabat dari mana saja,” kata Herman.

Tak hanya itu, usai para tamu-tamu atau kerabat berkunjung, biasanya pemilik rumah memberi oleh-oleh ketupat, dodol, atau nasi bulu untuk dibawa pulang. (RG-31)


Posting Terkait

Jangan Lewatkan

Komentar