oleh

RJI Gorontalo adakan Kegiatan Workshop Literasi Jurnal 2022

Workshop Literasi Jurnal oleh Relawan Jurnal Indonesia (RJI) yang diselenggarakan oleh Pengurus Daerah Relawan Jurnal Indonesia Gorontalo dilaksanakan pada Hari Selasa 31 Mei 2022 melalui Daring.

Kegiatan ini diinisisai oleh Pengurus Daerah RJI Gorontalo yang diketuai oleh Dr.Muh. Firyal Akbar,S.I.P, M.Si yang juga sebagai Akademisi dan pengelola Jurnal Publik di Lingkungan Universitas Muhammadiyah Gorontalo.

Kegiatan ini dibuka langsung oleh Wakil Ketua RJI Pusat Bapak Dr. I Ketut Sudarsana, Dalam sambutannya beliau mengapresiasi Pengurus Daerah RJI Gorontalo yang telah berpartisipasi dalam kegiatan workshop litersi jurnal Tahun 2022 dengan membuat kegiatan dengan tema yang diangkat mengenai author contribution.

Sebagai Pemateri dalam kegiatan ini ialah Bapak Supriyadi dari Anggota RJI DKI Jakarta yang juga sebagai fasilitator RJI Academy.

Dalam pemaparannya beliau menyampaikan bahwa author contribution merupakan hal penting dalam sebuah pengelolaan jurnal untuk memastikan bagaimana kontribusi penulis yang ada dalam sebuah artikel.

Artikel yang terdiri dari beberapa penulis contohnya akan sangat penting untuk diketahui apa sumbangsih dalam penulisan dan penelitian, apakah dia berkontribusi dalam hal perencanaan penelitian, penyusunan instrument, pengumpulan data, analisis data hingga hal-hal terkait dengan terciptanya artikel secara menyeluruh, sehingga para penulis memang memiliki kontribusi tersebut.

Jangan sampai para penulis yang lain tersebut hanya “numpang nama” atau yang selama ini dikenal dengan Ghost Writer/Ghost Author,” tutupnya.

Firyal selaku Ketua Pengurus Daerah RJI Gorontalo dalam sambutannya melaporkan bahwa jumlah peserta yang mengisi form untuk mengikuti kegiatan ini kurang lebih 125 orang dari beberapa institusi/kampus dari seluruh Indonesia, dan pada saat kegiatan jumlah peserta yang hadir lebih dari 75% yang hadir di media zoom maupun mengikuti lewat live Youtube di Channel RJI.

Dengan semangat berbagi,giatkan publikasi, semoga kegiatan ini dapat menambah wawasan dan pengetahuan bagi para penulis dan pengelola Jurnal yang ada di seluruh Indonesia, Ungkap Firyal.


Jangan Lewatkan

Komentar