oleh

Roem Kono Minta Bulog Serap Beras dan Jagung Petani

-Advetorial, Gorontalo, Nasional-235 Pengunjung
Wakil Ketua Komisi IV Drs Roem Kono saat berdialog dengan Kepala bulog Gorontalo Munafri Syamsudin Selasa (19/2)

RadarGorontalo.com – Wakil ketua komisi IV DPR-RI Drs Roem Kono dalam kunjungan kerjanya meminta, agar Bulog Gorontalo menyerap hasil panen jagung dan beras petani Gorontalo.

Bulog juga diharapkan bisa memperkuat pengusaha kecil dengan harga lebih murah, sehingga memiliki daya saing, dari serbuan minimarket. Tapi terpenting, Gorontalo harus tampil sebagai daerah penyanggah pangan di Indonesia, apakah melalui beras, jagung dan sebagainya.

Ini diungkapkan Roem Kono saat mendatangi Bulog Gorontalo di Kelurahan Dulalowo Selasa (19/2) kemarin. “ Bulog saya harap mampu menjaga harga hasil panen petani.

Apalagi Gorontalo saat ini sedang masuki masa panen jagung dan beras. Selain itu ia berharap, Bulog juga dapat membantu pengusaha kecil (pedagang) sembako, lewat program Rumah Pangan Kita (RPK).

“Lewat program RPK, bisa melindungi pedagang kecil dari pemodal besar yang menjamur saat ini, seperti minimarket, Alfamart dan Indomart. Dengan harga dibawah pasar.

Tentunya para pedang kecil ini bisa tumbuh (untung) dan bersaing harga dengan minimarket, ujar Roem Kono dihadapan Kepala Bulog Gorontalo Munafri Syamsudin dan beberapa pejabat lainnya.

Roem Kono sendiri memang sangat perhatian terhadap petani, nelayan di Gorontalo. Khusus pertanian untuk tahun 2018 saja ratusan miliar alat pertanian (alsintan) mengalir ke petani se Provinsi Gorontalo melalui perjuangannhya di DPR-RI.

Demikian juga dengan bantuan bibit jagung untuk tahun 2018 ini saja mencapai 80 ribu ton bibit jagung yang diperkirakan mencakup lahan sekitar 48 ribu hektar.

“Alhamdulilah sekarang mulai panen, itu bibit jagung berkualitas bisi 18. Jadi petani benar benar diuntungkan. Mendpatkan bibit dan pupuk gratis dan saat panen mendapatkan harga yang bagus.  In Shaa Allah ini nantinya bisa merubah kehidupan masyarakat khususnya petani Gorontalo, ujar Roem Kono.

Roem Kono foto bersama pejabat Bulog usai menggelar pertemuan, Selasa (19/2)

Sementara itu Kepala Bulog Gorontalo Munafri Syamsudin sangat mendukung apa yang menjadi komitman meningkatkan kesejahteraan petani. “Perhatian pak Roem Kono kepada petani memang luar biasa.

Kami lebih semangat dan siap melindungi petani dengan menjamin standar harga jagung dan padi. Kami siap membeli hasil panen petani jika memang harga jatuh.

Dikisaran harga Rp 3150 perkilo gram jagung. Tapi jika harga diatas 3150 maka kami menyerahkan ke harga pasar yang lebih tinggi.Ini sudah sesuai dengan permendagri 57,” ujar Munafri Syamsudin.

Menurutnya sekalipun lagi panen jagung. Tapi harga jagung tidak jatuh, saat ini harga perkilo jagung diantara 3900-4200 per kg, bahkan sempat melonjang kisaran Rp 5000.

“Memang ada suara sumbang pak. Katanya jagung turun, padahal tidak pak Roem Kono. Harga jagung sempat melambung hingga 5 ribuan, tapi saat panen raya sekarang ini turun sedikit sekitar Rp 3.900, bahkan ada yang mencapai 4200. Itu saya cek sendiri pak Roem,’ ujar Munafri.

Kabulog ini juga melaporkan terkait ketersedian bahan pokok, seperti beras, gula dan kebutuhan lainnya masih cukup untuk 6 bulan ke depan. “ hingga 6 bulan ke depan stok kita cukup. Jadi aman, khusus beras saja sekarang ini tersedia kurang lebih 600 ton,’ ujarnya. (rg-20)


Komentar